ANALISIS EFEKTIVITAS MEKANISME TRANSMISI MONETER GANDA DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA TAHUN 2008-2015

AHMAD MUBARAK, NIM. 13810051 (2017) ANALISIS EFEKTIVITAS MEKANISME TRANSMISI MONETER GANDA DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA TAHUN 2008-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EFEKTIVITAS MEKANISME TRANSMISI MONETER GANDA DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA TAHUN 2008-2015)
13810051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFEKTIVITAS MEKANISME TRANSMISI MONETER GANDA DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA TAHUN 2008-2015)
13810051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mekanisme perubahan kebijakan moneter hingga memengaruhi pertumbuhan ekonomi disebut sebagai mekanisme transmisi kebijakan moneter. Indonesia menganut dual banking system yaitu bank syariah dan bank konvensional. Bank Indonesia selaku otoritas moneter mempunyai instrumen mekanisme transmisi syariah dan mekanisme transmisi konvensional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa efektivitas mekanisme transmisi ganda melalui jalur syariah yaitu pembiayaan dan bagi hasil, sedangkan jalur konvensional yaitu kredit dan suku bunga dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Vector Eror Correction Model (VECM). Penelitian ini menggunakan data dengan periode 2008-2015. Proses pengujian data menggunakan uji stasioneritas, uji kointegrasi, uji stabilitas, uji kausalitas, analisis Impulse Response Function (IRF), dan Forecast Eror Variance Decomposition (FEVD). Hasil penelitian ini menemukan variabel jalur syariah yaitu pembiayaan efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Variabel bagi hasil dan SBIS tidak efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Variabel jalur konvensional yang terdiri dari total kredit dan SBI tidak efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sedangkan variabel suku bunga kredit efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUH. GHAFUR WIBOWO, S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Mekasnisme Transmisi Moneter, Bank Syariah, Bank Konvensional, Pertumbuhan Ekonomi, Vector Eror Correction Model (VECM).
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Apr 2017 08:57
Last Modified: 05 Apr 2017 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum