ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2015

MEIKA SUSANTI, NIM. 13810073 (2017) ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2015)
13810073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2008-2015)
13810073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Daerah umumnya di Indonesia dan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta selalu berupaya keras untuk meningkatkan ekonomi daerahnya termasuk juga meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Salah satu upaya meningkatkan pendapatan asli daerah adalah dengan cara mengoptimalkan potensi di sektor pariwisata. Sektor pariwisata menjadi penyumbang pendapatan asli daerah dengan komponen utama, seperti jumlah wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara, jumlah hunian hotel, jumlah obyek wisata dan retribusi obyek wisata. Penelitian ini terbatas pada 8 tahun terakhir kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan asli daerah. Selain itu mengembangkan potensi dan meningkatkan fasilitas sarana pendukung obyek wisata sangatlah penting guna meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Dimana variabel dependennya berupa pendapatan asli daerah, dan variabel independennya berupa fasilitas, infrastruktur, dan alokasi anggaran pariwisata. Setelah itu pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi eviews 8. Hasil pengujian tersebut adalah fasilitas, dan alokasi anggaran pariwisata berpengaruh signifikan dan positif terhadap pendapatan asli daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta, tetapi variabel infrastruktur berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pendapatan asli daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Slamet Khilmi, M.Si
Uncontrolled Keywords: PAD, Provinsi DIY, Sektor Pariwisata, dan Industri Pariwisata
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:21
Last Modified: 06 Apr 2017 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum