PERAN KH. MUHAMMAD ABUBAKAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN DAKWAH DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA

ABDURRAHMAN ABU HANIF, NIM. 09530002 (2017) PERAN KH. MUHAMMAD ABUBAKAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN DAKWAH DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KH. MUHAMMAD ABUBAKAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN DAKWAH DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA)
1420510010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KH. MUHAMMAD ABUBAKAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN DAKWAH DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA)
1420510010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pendidikan dan dakwah adalah melepaskan umat dari keterbelakangan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai agama yang tetap bersandar kepada Alquran dan Sunnah. Sebagai tokoh pendidik dan pendakwah, peran KH. Muhammad Abubakar sangat urgen dalam pengembangan agama Islam di Gorontalo sekaligus menyebarkan ilmu pengetahuan terhadap masyarakat. Penelitian ini mengkaji KH. Muhammad Abubakar yang terfokus pada: 1). Peran KH. Muhammad Abubakar di bidang pendidikan dan dakwah. 2). Relevansi konsep pendidikan dan dakwah KH. Muhammad Abubakar terhadap masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan teori ‘Ilm al ‘Umran yang dikemukan oleh Ibnu Khaldun dalam melihat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak lepas dari pengaruh realitas sosial di mana dia berada. Juga menggunakan teori kharismatik untuk melihat dan mengkaji sosok KH. Muhammad Abubakar. Karena merupakan penelitian pertama yang mengkaji tentang peran KH. Muhammad Abubakar, metode penelitian ini lebih banyak melakukan wawancara terhadap orang-orang yang sempat bersentuhan dengan KH. Muhammad Abubakar dengan pendekatan behavioral, yaitu pendekatan yang tidak hanya terfokus pada kejadiannya, tetapi juga pelaku sejarah dalam situasi nyata Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, manhaj Alkhairaat sebagai fondasi awal yang diletakkan oleh Habib ‘Idrus bin Salim Aljufri (pendiri Alkhairaat) sangat berpengaruh terhadap corak pemikiran dan sepak terjang KH. Muhammad Abubakar di bidang pendidikan dan dakwah dalam menyikapi realitas sosial masyarakat. Sebagai pendidik, ia berhasil menjadikan Alkhairaat – Alkhairaat Tilamuta— sebagai salah satu pondok pesantren unggulan di provinsi Gorontalo dengan penguasaan para santrinya terhadap ilmu gramatika bahasa Arab. Juga menjadikan Alkhairaat Tilamuta sebagai lembaga pendidikan yang dekat dan dibutuhkan masyarakat. Dalam dakwahnya, selain berdakwah dengan cara monologis KH. Muhammad Abubakar juga berdakwah dengan cara dialogis yaitu pendekatan dakwah dengan cara diskusi dan tanya jawab bersama masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Lathiful Khuluq, MA, BSW, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Peran, Muhammad Abubakar, Pendidikan, Dakwah, Alkhairaat
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2017 10:15
Last Modified: 04 Apr 2017 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum