ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR, INFLASI, JUMLAH UANG BEREDAR (JUB), PRODUKSI KEDELAI DALAM NEGERI DAN VOLUME IMPOR KEDELAI TERHADAP HARGA DOMESTIK KOMODITAS KEDELAI

M. IKHWAN ZAKARIA AL FARIS, NIM. 13810082 (2017) ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR, INFLASI, JUMLAH UANG BEREDAR (JUB), PRODUKSI KEDELAI DALAM NEGERI DAN VOLUME IMPOR KEDELAI TERHADAP HARGA DOMESTIK KOMODITAS KEDELAI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR, INFLASI, JUMLAH UANG BEREDAR (JUB), PRODUKSI KEDELAI DALAM NEGERI DAN VOLUME IMPOR KEDELAI TERHADAP HARGA DOMESTIK KOMODITAS KEDELAI)
13810082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR, INFLASI, JUMLAH UANG BEREDAR (JUB), PRODUKSI KEDELAI DALAM NEGERI DAN VOLUME IMPOR KEDELAI TERHADAP HARGA DOMESTIK KOMODITAS KEDELAI)
13810082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kenaikan harga kedelai beserta harga pangan secara umum dapat merugikan masyarakat, sehingga kebutuhan akan bahan pangan kedelai ini menjadi faktor penting yang mendasari perubahan harga. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kenaikan harga komoditas kedelai domestik akibat dari perubahan variabel nilai tukar rupiah, inflasi, jumlah uang beredar (M2), produksi kedelai dalam negeri dan volume impor kedelai. Metode yang digunakan adalah Vector Error Correction Model (VECM). Penelitian ini menggunakan data dengan periode 1980-2015. Proses pengujian data menggunakan uji stasioneritas, uji kointegrasi, uji stabilitas, uji kausalitas, analisis Impulse Response Function (IRF), dan Forecast Error Variance Decomposition (FEVD). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guncangan yang terjadi pada harga kedelai domestik, nilai tukar rupiah, inflasi, jumlah uang beredar (M2) dan produksi kedelai dalam negeri berdampak pada perubahan harga komoditas kedelai domestik secara positif dan signifikan. Sedangkan guncangan yang terjadi pada volume impor kedelai berdampak pada perubahan harga komoditas kedelai domestik secara negatif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Harga komoditas kedelai domestik, Transmisi harga, dan VECM
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Apr 2017 08:24
Last Modified: 06 Apr 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum