ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), INFLASI, DAN JUMLAH PENDUDUK, TERHADAP KEBIJAKAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN ANGGARAN 2012-2014

AFRIANA WULANDARI, NIM. 13810122 (2017) ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), INFLASI, DAN JUMLAH PENDUDUK, TERHADAP KEBIJAKAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN ANGGARAN 2012-2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), INFLASI, DAN JUMLAH PENDUDUK, TERHADAP KEBIJAKAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN ANGGARAN 2012-2014)
13810122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), INFLASI, DAN JUMLAH PENDUDUK, TERHADAP KEBIJAKAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN ANGGARAN 2012-2014)
13810122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pemerintahan sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 menganut asas desentralisasi yang diwujudkan dengan otonomi daerah telah memberikan kewenangan penuh kepada daerah otonom untuk mengelola keuangan daerah masing-masing baik pendapatan maupun pengeluaran. sebagai pertanggungjawaban pemerintah otonom untuk menciptakan tatanan yang lebih baik dalam skema good governance. Salah satunya dengan cara mengelola keuangan belanja daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PDRB, Inflasi, dan Jumlah Penduduk terhadap kebijakan pengeluaran belanja daerah di Provinsi Jawa Tengah pada periode 2012-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan alat analisis fixed effect model. Objek dari penelitian ini adalah 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Hasil peneitian menunjukkan bahwa pada periode 2012 hingg tahun 2014, variabel PDRB, Inflasi, dan Jumlah Penduduk secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap kebijakan pengeluaran belanja daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 99,7%. Artinya bahwa variable independen (PDRB, Inflasi, dan Jumlah Penduduk) mampu menjelaskan variable dependen (Belanja Daerah) sebesar 99,7% sedangkan 0,3% sisanya dijelaskan oleh variable di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARSIH, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Belanja Daerah, PDRB, Inflasi, Jumlah Penduduk
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 09:01
Last Modified: 07 Apr 2017 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum