ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WILLINGNESS TO PAY (WTP) DALAM UPAYA PELESTARIAN CAGAR BUDAYA PADA MASYARAKAT SEKITAR CANDI PALGADING KELURAHAN SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN

NAFA’ SYAFA’ATURROHMAH, NIM. 13810150 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WILLINGNESS TO PAY (WTP) DALAM UPAYA PELESTARIAN CAGAR BUDAYA PADA MASYARAKAT SEKITAR CANDI PALGADING KELURAHAN SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WILLINGNESS TO PAY (WTP) DALAM UPAYA PELESTARIAN CAGAR BUDAYA PADA MASYARAKAT SEKITAR CANDI PALGADING KELURAHAN SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN)
13810150_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WILLINGNESS TO PAY (WTP) DALAM UPAYA PELESTARIAN CAGAR BUDAYA PADA MASYARAKAT SEKITAR CANDI PALGADING KELURAHAN SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN)
13810150_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Candi Palgading merupakan Bangunan Cagar Budaya yang ditemukan di Desa Wisata Palgading, Dusun Palgading, Kelurahan Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, dan pemugaran baru selesai dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2016. Dikarenakan candi tersebut baru saja ditemukan, maka pihak pengelola belum menentukan tarif masuk pada obyek wisata tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menentukan tarif retribusi berdasarkan besarnya nilai Willingness to Pay (WTP) masyarakat sekitar Candi Palgading. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari survei langsung dengan menyebarkan kuesioner kepada 33 warga Desa Wisata Palgading yang memiliki usaha sendiri. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Contingent Valuation Method (CVM). Alat analisis ini bertujuan untuk menentukan besaran nilai rata-rata dan nilai total WTP (TWTP) serta regresi linier berganda untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya nilai WTP masyarakat sekitar Candi Palgading dalam upaya pelestarian cagar budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata WTP Rp. 2.212,12 dan nilai total WTP (TWTP) sebesar Rp1.402.000,00. Tarif masuk berdasarkan nilai rata-rata WTP yaitu Rp 2.000,00. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya nilai WTP responden masyarakat sekitar Candi Palgading adalah faktor tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, lama usaha, motivasi masyarakat, dan faktor pengetahuan responden mengenai cagar budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARSIH, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesediaan membayar (Willingness to Pay), Retribusi, Pelestarian Cagar Budaya, Candi Palgading
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 09:24
Last Modified: 07 Apr 2017 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum