PENGARUH KEMANDIRIAN PRIBADI, MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MEMULAI USAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Inats Anzilatul Fuaadah, NIM. 13810169 (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN PRIBADI, MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MEMULAI USAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMANDIRIAN PRIBADI, MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MEMULAI USAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM)
13810169_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMANDIRIAN PRIBADI, MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MEMULAI USAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM)
13810169_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi di Indonesia tidak lepas dari peran para wirausahawan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Namun, Indonesia masih kekurangan wirausahawan baru untuk mendorong perekonomian melaju lebih kencang. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya minat berwirausaha di kalangan para mahasiswa. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha seseorang yakni kemandirian pribadi, motivasi dan pengetahuan kewirausahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian pribadi, motivasi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat memulai usaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berjumlah 95 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara variabel independent (kemandirian pribadi, motivasi dan pengetahuan kewirausahaan) dan variabel dependent (minat memulai usaha). Hasil dari penelitian ini melalui Uji-F menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memulai usaha. Kemudian dari hasil Uji-T menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian pribadi terhadap minat memulai usaha. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap minat memulai usaha. (3) Tidak ada pengaruh secara parsial pengetahuan kewirausahaan terhadap minat memulai usaha. Variasi variabel minat memulai usaha dapat dijelaskan sebesar 20.1 persen oleh variasi variabel kemandirian pribadi, motivasi dan pengetahuan kewirausahaan dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Akhmad Yusuf Khoiruddin, SE, M. Si.
Uncontrolled Keywords: kemandirian pribadi, motivasi, pengetahuan kewirausahaan, minat berwirausaha.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 07:43
Last Modified: 10 Apr 2017 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum