EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN GODEAN YOGYAKARTA

ACHMAD SHOCHEB, NIM. 12680036 (2017) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN GODEAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN GODEAN YOGYAKARTA)
12680036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN GODEAN YOGYAKARTA)
12680036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (917kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektivitas model discovery learning terhadap pemahaman konsep pada materi keanekaragaman hayati, 2) efektivitas model discovery learning terhadap keterampilan proses siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X di MAN Godean Yogyakarta. Kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas X MIA 1 dan Kelas X MIA 2. Teknik pengumpulan data baik pemahaman konsep maupun keterampilan proses dilakukan melalui tes (pretest dan posttest). Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) model discovery learning efektif terhadap pemahaman konsep siswa (p= 0,017 0,05), 2) model discovery learning efektif terhadap keterampilan proses siswa (p=0,0055 0,05). Hasil uji effect size menunjukkan nilai efektivitas model dioscovery learning terhadap pemahaman konsep sebesar 0,56 dengan kategori sedang, dan terhadap keterampilan proses sebesar 0,66 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sulistiyawati, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses, Keanekaragaman Hayati
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2017 11:02
Last Modified: 05 Apr 2017 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item View Item