KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER SISWA

CICI ANDRIANI, NIM. 12680024 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER SISWA)
12680024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER SISWA)
12680024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelompok yang dicampur dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender, dan perbedaan hasil belajar biologi antara siswa kelompok yang dicampur dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi berbentuk non equivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas perlakuan dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal pretes-postes berbentuk soal uraian. Pengolahan data menggunakan analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan (sig. 0,642) antara siswa kelompok yang dicampur yang memiliki rerata 71,91 dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender yang memiliki rerata 71,03, serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan (sig. 0,395) antara siswa kelompok yang dicampur yang memiliki rerata 73 dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender yang memiliki rerata 72. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan perlakuan pengaturan kelompok belajar berdasarkan gender terhadap kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistiyawati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Gender
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2017 14:22
Last Modified: 05 Apr 2017 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum