PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS X SMA/MA

LAILLA KHUSNUL KHOTIMAH, NIM. 12680022 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS X SMA/MA)
12680022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS X SMA/MA)
12680022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Materi Protista Berbasis Accelerated Learning dengan Pendekatan Saintifik sebagai bahan ajar untuk kelas X SMA/MA dan mengetahui kelayakan modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) menggunakan model 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri dari aspek materi, bahasa, dan penyajian. Produk dinilai dan divalidasi oleh ahli materi dan 2 ahli media, serta dinilai oleh 5 peer reviewer. Uji terbatas dilakukan dengan penilaian keterbacaan produk oleh 2 guru biologi dan 15 siswa SMA kelas X SMA N 8 Yogyakarta dan MAN Yogyakarta II. Data kualitatif yang diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi, dan siswa dikonversi menjadi skor kuantitatif. Kualitas produk menurut penilaian para ahli, peer reviewer, guru dan siswa masing-masing berkategori baik, sangat baik, sangat baik, dan sangat baik dengan persentase ideal berturut-turut 78,75%; 87,65%; 93,92%; dan 82,72%. Kategori kualitas produk secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan skor hasil penilaian 811,64 dan persentase ideal 86,34%. Dengan demikian, Modul Pembelajaran Materi Protista Berbasis Accelerated Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Kelas X SMA/MA sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lela Susilawati, S.Pd., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Protista, Bahan Ajar, Modul, Accelerated Learning, Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2017 14:40
Last Modified: 05 Apr 2017 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum