PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X 2 SMA N 1 BANGUNTAPAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS), LKS, DAN ATLAS TUMBUHAN

FATIM MEISAROH, NIM. 11680012 (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X 2 SMA N 1 BANGUNTAPAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS), LKS, DAN ATLAS TUMBUHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X 2 SMA N 1 BANGUNTAPAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS), LKS, DAN ATLAS TUMBUHAN)
11680012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X 2 SMA N 1 BANGUNTAPAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS), LKS, DAN ATLAS TUMBUHAN)
11680012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X 2 SMA N 1 Banguntapan dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), LKS, dan Atlas Tumbuhan. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas X 2 SMA N 1 Banguntapan yang berjumlah 29 orang. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Pembelajaran pada tindakan siklus I menggunakan pendekatan JAS. Tindakan siklus II menggunakan metode ceramah berbantu media awetan, realia, dan power point. Tindakan siklus III mengunakan pendekatan JAS disertai LKS dan atlas tumbuhan. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, lembar observasi motivasi siswa, angket motivasi siswa, foto, video, dan catatan lapangan. Data dianalisa secara kualitatif dengan metode deskriptif dan secara kuantitatif dengan Effect Size d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan JAS disertai LKS dan atlas tumbuhan terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dapat diketahui melalui persentase hasil lembar observasi motivasi pada setiap siklus yaitu siklus I sebesar 67, 03 %, siklus II sebesar 47, 13 %, siklus III sebesar 82, 69 %. Selain itu motivasi siswa juga dapat dilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa yaitu siklus I sebesar 76, 36 %, siklus II sebesar 72, 63 %, siklus III sebesar 81,75 %. Motivasi belajar siswa menurun pada siklus II karena metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil pre-test dan posttest yaitu pada siklus I sebesar 62, 76 dan 53, 10, siklus II sebesar 31, 38 dan 54, 82, kemudian pada siklus III sebesar 44, 48 dan 68, 62 sehingga diperoleh nilai effect size I sebesar 0, 11 (efek kecil) dan nilai effect size 0, 86 (efek besar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil belajar, pendekatan JAS, LKS, atlas tumbuhan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Apr 2017 14:31
Last Modified: 06 Apr 2017 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25000

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum