PENGEMBANGAN MODEL KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BAYESIAN NETWORK (Studi Kasus Mahasiswa S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015)

Brigitte Aditriani Lee, NIM. 11660026 (2017) PENGEMBANGAN MODEL KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BAYESIAN NETWORK (Studi Kasus Mahasiswa S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11660026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11660026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap perguruan tinggi menawarkan berbagai macam program studi untuk menarik minat calon mahasiswa dalam menentukan keputusannya. Ketika dihadapkan dengan hal tersebut, seringkali para calon mahasiswa mengalami kendala dalam memilih program studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model terbaik yang terbentuk berdasarkan pengembangan model yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Bayesian Network dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi calon mahasiswa dalam membuat keputusan pemilihan program studi. Bayesian Network merupakan metode pengembangan model yang dapat merepresentasikan hubungan kausalitas antar variabel dalam jaringan. Hasil dari penelitian ini mengembangkan model dengan dua alternatif dan dihasilkan model terbaik alternatif II pemilihan program studi. Model alternatif II menghasilkan probabilitas sebesar 86,8% atau ketika dilakukan pembulatan sebesar 87% atau sekitar 382 mahasiswa yang memilih program studi. Dari hasil menggunakan analisis sensitivitas dihasilkan nilai entropy reduction paling tinggi setelah pemilihan program studi adalah komunikasi interpersonal dengan nilai 0,23510. Nilai ini paling tinggi jika dibandingkan dengan faktor lain. Faktor komunikasi interpersonal mencakup informasi dari keluarga, saudara, dan teman. Kata Kunci: Bayesian Network, Alternatif Model, Analisis Sensitivitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tutik Farihah, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Bayesian Network, Alternatif Model, Analisis Sensitivitas
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 10:35
Last Modified: 07 Apr 2017 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum