IDENTIFIKASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI WAJAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA (Studi Kasus di WL Alumunium Yogyakarta)

Badru Zaman, NIM. 11660031 (2017) IDENTIFIKASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI WAJAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA (Studi Kasus di WL Alumunium Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11660031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11660031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada masa pasar bebas ini tentulah dunia usaha semakin bersaing dengan selalu memberikan yang terbaik. Perusahaan-perusahaan kini berlomba-lomba untuk meningkatkan keungulan agar tetap mampu bersaing dengan kompotitor yang lainnya. Sebagai pelaku usaha yang bergerak dalam industri manufacturing, WL Alumunium Yogyakarta perlu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas produksi yang dilakukan. Pada WL Alumunium diketahui bahwa ada pemborosan (waste) yang ditunjukkan dengan adanya waktu menunggu/ waiting yang cukup lama dan inventory yang berlebih. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengurangi waste tersebut dengan pendekatan lean manufacturing dan lean six sigma yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan. Dari hasil analisis diperoleh nilai efisiensi siklus proses (PCE) sebesar 15.54% dan tergolong unlean. Adapun untuk hasil dari process activity mapping didapat presentase value added activity (VA) sebesar 12.46%, necessary non value added (NNVA) sebesar 3.01% dan Non Value Added (NVA) sebesar 84.53%. Adapun usulan yang dapat diberikan adalah penambahan tenaga kerja pada lini pengikiran,pembubutan dan pelabelan serta memfokuskan pengkerjaan pada satu jenis produk. Kata Kunci : waste, lean manufacturing, process activity mapping, value stream mapping, Lean Six Sigma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Tutik Farihah, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: waste, lean manufacturing, process activity mapping, value stream mapping, Lean Six Sigma
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:41
Last Modified: 07 Apr 2017 03:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25020

Actions (login required)

View Item View Item