PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE Analytic network process (ANP) DAN Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) DI CV. RUMAH WARNA

Zayyin Ukhrowi, NIM. 11660047 (2017) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE Analytic network process (ANP) DAN Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) DI CV. RUMAH WARNA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11660047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11660047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penenentuan strategi pemasaran merupakan sesuatu yang vital bagi keberlangsungan hidup perusahaan, strategi pemasaran yang tepat akan menentukan perkembangan perusahaan semakin baik. Penelitian di CV. Rumah Warna ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria dan subkriteria yang ada dengan menggunakan metode ANP, dan memberikan usulan alternatif terbaik strategi pemasaran dengan metode TOPSIS. Untuk mengetahui bobot kepentingan dari kriteria dan subkriteria, pengolahan data pada penelitian ini dibantu dengan software Super Decision. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bobot dari 14 kriteria output software Super Decision adalah Kondisi Finansial (0,18121), Manajemen SDM yang efektif (0,10001), Manajemen Operasi yang baik (0,01182), Tingkat layanan konsumen (0,00868), Hubungan dengan key target customer (0,01523), Memahami kebutuhan konsumen (0,01122), Membangun hubungan dengan konsumen (0,01549), Membina hubungan dengan konsumen (0,01525), Kemampuan meluncurkan produk baru (0,08365), Proses pengembangan produk yang efektif (0,06368), Tingkat kepuasaan kerja karyawan (0,20332), Tingkat retensi karyawan (0,14635), Brand dan reputasi (0,07570), Kredibilitas (0,06839). Pada metode TOPSIS, dihasilkan jarak alternatif terhadap solusi ideal dengan simbol (V) yang kemudian dilakukan perankingan, nilai V terbesar adalah ranking tertinggi dari 8 alternatif yang digunakan. Hasil dari penelitian ini, alternatif terbaik sebagai strategi pemasaran di CV. Rumah Warna adalah Meningkatkan kualitas produk untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, dengan V sebesar 0,815605 dan ranking 1 (22,7441%). Kata kunci: Strategi Pemasaran, ANP, TOPSIS, Super Decision.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Husna Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, ANP, TOPSIS, Super Decision.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 10:49
Last Modified: 07 Apr 2017 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum