PEMILIHAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) (Studi Kasus pada IKM Kerajinan Kulit “Roosman” Manding, Bantul, Yogyakarta)

Sri Nur Rahayu, NIM. 12660014 (2017) PEMILIHAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) (Studi Kasus pada IKM Kerajinan Kulit “Roosman” Manding, Bantul, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
12660014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12660014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sektor industri kerajinan kulit di Yogyakarta merupakan salah satu kekayaan lokal yang harus dikembangkan karena dapat memberikan pendapatan tersendiri terhadap perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu IKM yang mengembangkan sektor ini yaitu IKM ROOSMAN yang letaknya di sentra industri kerajinan kulit Manding, Bantul, Yogyakarta. Walaupun sudah berdiri cukup lama, namun masih banyak ditemukan permasalahan yang dihadapi oleh IKM ROOSMAN. Melihat berbagai permasalahan tersebut, maka dibutuhkan strategi pengembangan IKM untuk mempercepat laju perkembangan IKM. Strategi pengembangan tersebut diharapkan dapat mereduksi segala permasalahan yang menghambat pengembangan IKM ROOSMAN. Sehingga IKM kerajinan kulit ROOSMAN pun memiliki keunggulan yang dapat bersaing di kancah dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal IKM ROOSMAN. Selain itu juga untuk menentukan beberapa alternatif strategi bisnis yang kemudian dipilih strategi bisnis yang tepat dan sesuai dengan kondisi IKM ROOSMAN. Diharapkan dengan diterapkannya strategi yang terpilih, IKM ROOSMAN dapat menjadi industri yang berdaya saing tinggi serta memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Pemilihan strategi bisnis ini menggunakan metode QSPM dan analisis waktu, biaya, infrastruktur dan pendapat pengusaha dengan pengolahan data menggunakan metode ANP atau software Super Decisions. Adapun hasil dari kedua analisis tersebut adalah sama, yaitu mengembangkan pengetahuan teknologi dengan total skor akhir 6,992 untuk perhitungan QSPM dan 0,178 untuk analisis waktu, biaya, infrastruktur dan pendapat pengusaha. Kata Kunci : Metode QSPM, Metode ANP, Software Super Decisions.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Husna Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: Metode QSPM, Metode ANP, Software Super Decisions.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:41
Last Modified: 07 Apr 2017 07:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25033

Actions (login required)

View Item View Item