DESAIN KEMASAN PANCI MULTIGUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DI IKM TS ALUMUNIUM

Thoyib Robanis, NIM. 12660027 (2017) DESAIN KEMASAN PANCI MULTIGUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DI IKM TS ALUMUNIUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
12660027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12660027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri wajan di Yogyakarta yaitu TS Alumunium menyadari bahwa kemasan adalah elemen yang penting. Dengan adanya desain kemasan panci yang menarik selain dari fungsinya melindungi kualitas panci. Mereka berharap produknya akan lebih disukai masyarakat sehingga dapat meningkatkan penjualannya. Metode yang digunakan untuk mendesain kemasan panci multiguna adalah metode yang melibatkan perasaan konsumen yaitu metode Kansei. Kansei Engineering adalah sejenis teknologi yang menerjemahkan perasaan konsumen menjadi spesifikasi desain. (Nagamachi dan Lokman 2010). Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan kansei word dengan Focus Discus Group) FGD kepada ibu-ibu katering mengasilkan 17 kata. Setelah terkumpul kansei word kemudian dikuesionerkan kepada 70 responden. Hal ini untuk memilih kansei word yang layak untuk dijadikan parameter desain. Analis kuesioner semantic differential dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas serta analisis faktor. Melalui uji-uji tersebut diperoleh 12 Kansei word. Kemudian ditentukan elemen desain bentuk dan tampilan untuk kemasan melalui observasi dan wawancara kepada pemilik perusahaan dan ahli kemasan. Untuk elemen tampilan dihasilkan 2 usulan yaitu tampilan 1dan 2. Sedangkan untuk elemen bentuk diperoleh usulan bentuk tertutup (box) dan terbuka.sehingga menghasilkan 4 usulan kombinasi desain yang dikuesionerkan lagi kepada 70 responden.Hasil kuesioner tersebut diuji dengan pengolahan distribusi mean kemudian dilakukan uji manova untuk mendukung hasil uji distribusi mean. Berdasarkan pengolahan tersebut diketahui bahwa desain yang memuaskan konsumen adalah desain 4 dengan kombinasi tampilan 2 dan bentuk terbuka. Kata Kunci: Kansei Engineering,kansei word, desain, konsumen, kemasan, panci multiguna, Semantic Differential.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Taufiq Aji , S.T,M.T.
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering,kansei word, desain, konsumen, kemasan, panci multiguna, Semantic Differential.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 13:50
Last Modified: 07 Apr 2017 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item