ANALISA KEUNGGULAN KOMPETITIF DENGAN PENDEKATAN BERBASIS SUMBER DAYA PADA SENTRA BATIK TULIS GIRILOYO YOGYAKARTA

Siti Mungalimah, NIM. 12660034 (2017) ANALISA KEUNGGULAN KOMPETITIF DENGAN PENDEKATAN BERBASIS SUMBER DAYA PADA SENTRA BATIK TULIS GIRILOYO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
12660034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12660034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu industri penghasil batik tulis di Yogyakarta terdapat pada sentra batik tulis Giriloyo. Walaupun memiliki kualitas yang bagus, namun batik tulis Giriloyo kurang dikenal masyarakat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui pendakatan yang berbasis sumber daya (Resource Based View) pada sentra batik tulis Giriloyo untuk meningkatkan daya saingnya. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui hasil diskusi, wawancara dan pengisian kuesioner dengan pihak manajemen sentra batik tulis Giriloyo. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis rantai nilai, penilaian sumber daya dan kemampuan, dan analisis VRIO (Value, Rarity, Imitability, Organization). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sentra batik tulis Giriloyo memiliki beberapa sumber daya dan kemampuan yang menjadi keunggulan bersaing berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pengembangan sumber daya yang dimiliki perusahaan sehingga menunjang strategi perusahaan untuk lebih optimal. Kata Kunci: Resource Based View, Analisis Rantai Nilai, Penilaian Sumber Daya dan Kemampuan, Analisis VRIO, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dwi Agustina Kurniawati, M.Eng., Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Resource Based View, Analisis Rantai Nilai, Penilaian Sumber Daya dan Kemampuan, Analisis VRIO, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 13:54
Last Modified: 07 Apr 2017 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25039

Actions (login required)

View Item View Item