KESENIAN MUSIK GEJOG LESUNG SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN BUDAYA MASYARAKAT OLEH PAGUYUBAN NYUTRA BUDAYA KELURAHAN WIROGUNAN KECAMATAN MERGANGSAN YOGYAKARTA

Ahmad Khuzairi, Nim. 12230082 (2016) KESENIAN MUSIK GEJOG LESUNG SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN BUDAYA MASYARAKAT OLEH PAGUYUBAN NYUTRA BUDAYA KELURAHAN WIROGUNAN KECAMATAN MERGANGSAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESENIAN MUSIK GEJOG LESUNG SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN BUDAYA MASYARAKAT OLEH PAGUYUBAN NYUTRA BUDAYA KELURAHAN WIROGUNAN KECAMATAN MERGANGSAN YOGYAKARTA)
12230082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KESENIAN MUSIK GEJOG LESUNG SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN BUDAYA MASYARAKAT OLEH PAGUYUBAN NYUTRA BUDAYA KELURAHAN WIROGUNAN KECAMATAN MERGANGSAN YOGYAKARTA)
12230082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan dampak yang dilakukan oleh Paguyuban Nyutra Budaya Yogyakarta pada masyarakat melalui kesenian musik gejog lesung. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Jenis penelitian kualitatif deskriptif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis yang merupakan deskripsi tentang suatu hal. Upaya untuk memvalidkan data adalah dengan teknik triangulasi data. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yang juga dikenal dengan analisis interaktif. Dampak dari penelitian ini peneliti menemukan tiga langkah proses yang dilakukan oleh Paguyuban Nyutra Budaya Yogyakarta yaitu tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, transfer pengetahuan dan kecakapan keterampilan dan penggalangan dana. Sedangkan hasil pemberdayaan yang dilakukukan oleh Paguyuban Nyutra Budaya Yogyakarta peneliti menemukan dua hasil atau dampak pemberdayaan yaitu meningkatnya kepedulian masyarakat dan meningkatnya pengetahuan masyarakat terhadap kesenian. Kata Kunci: Musik Gejog Lesung, Paguyuban Nyutra Budaya, Pemberdayaan Budaya Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Musik Gejog Lesung, Paguyuban Nyutra Budaya, Pemberdayaan Budaya Masyarakat
Subjects: AGAMA - SAINS - BUDAYA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:51
Last Modified: 13 Apr 2017 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25101

Actions (login required)

View Item View Item