IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA TERMINAL BBM REWULU DI KELOMPOK JAMU DUSUN WATU, DESA ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA

Halimah Tusa’diah, NIM. 12230076 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA TERMINAL BBM REWULU DI KELOMPOK JAMU DUSUN WATU, DESA ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA TERMINAL BBM REWULU DI KELOMPOK JAMU DUSUN WATU, DESA ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA)
12230076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA TERMINAL BBM REWULU DI KELOMPOK JAMU DUSUN WATU, DESA ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA)
12230076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi Penelitian adalah Kelompok Jamu Jati Husada Mulya (JHM) yang berlokasi di Dusun Watu, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengambilan data informan menggunkan purposive, yaitu teknik pengambilan informan (sumber data) yang didasarkan atas pertimbangan tertentu, dengan memilih anggota tertentu yang telah dipertimbangkan dapat memberikan data yang diperlukan oleh penulis.Dalam penelitian ini penulis mengambil 13 orang sebagai informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program CSR yang diterapkan oleh PT. Pertamina Terminal BBM Rewulu dilaksanakan melalui tiga tahapan pemberdayaan, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Dengan mengacu pada strategi community development sehingga Implementasi program CSR PT. Pertamina Terminal BBM Rewulu memberikan dampak positif terutama pendapatan anggota kelompok jamu JHM. Pendapatan para anggota kelompok jamu JHM, anggota JHM juga memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dari program pelatihan dan kunjungan usaha. Pelatihan higienitas produk dan kelembagaan jamu, dengan pelatihan tersebut anggota JHM merasa ilmu pengetahuan mereka dalam membuat jamu, manajemen usaha dan adminitrasi kelompok menjadi jauh lebih baik. Kata Kunci: CSR, Implementasi, Tahapan, Strategis, Dampak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya S. Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: CSR, Implementasi, Tahapan, Strategis, Dampak
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:51
Last Modified: 13 Apr 2017 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item