PERAN PAGUYUBAN DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA WAYANG DI DUSUN KARANGASEM, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL

Nita Yuniati, NIM. 12230062 (2017) PERAN PAGUYUBAN DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA WAYANG DI DUSUN KARANGASEM, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PAGUYUBAN DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA WAYANG DI DUSUN KARANGASEM, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL)
12230062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PAGUYUBAN DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA WAYANG DI DUSUN KARANGASEM, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL)
12230062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peran paguyuban dalam pengembangan desa wisata wayang. Desa wisata wayang merupakan desa wisata yang didirikan karena kegelisahan sekumpulan pengrajin wayang kulit di dusun Karangasem yang terbentuk dalam sebuah paguyuban, sedangkan pengembangan desa wisata wayang ini merupakan upaya yang dilakukan paguyuban untuk menghindari punahnya keahlian membuat wayang kulit, guna melesatrikan budaya Jawa dan mensejahterakan masyarakat sekitar desa wisata. Dalam penelitian ini dirumuskan dua pertanyaan penulis , pertama bagaimana peran paguyuban dalam pengembangan desa wisata wayang; kedua, bagaimana hasil dari pengembangan desa wisata wayang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan teori Jim Ife mengenai Peran pekerja masyarakat, dan UU RI No 10 tahun 2009 mengenai hasil pengembangan desa wisata, serta mendukung hal tersebut penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk membantu pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, penulis menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan atas dasar pertimbangan tertentu dengan cara penulis memilih orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan. Dalam penelitian ini hasil yang didapat di lapangan terdapat berbagai peran paguyuban dalam pengembangan desa wisata wayang antara lain memberikan penyadaran kepada masyarakat mengenai manfaat desa wisata wayang, mengadakan pelatihan mengenai kepariwisataan untuk masyarakat, dan membangun kerjasama untuk membatu masyarakat dalam pengembangan desa wisata wayang. Untuk hasil dari pengembangan desa wisata wayang ini semakin hari semakin ramai pengunjung, memelihara budaya wayang kulit, peningkatan penghasilan, membuka peluang usaha bagi masyarakat, dan membuka peluang kerja bagi masyarakat di sekitar desa wisata wayang. Hasil dari penelitian ini merupakan pembenaran teori yang ada. Kata Kunci : Peran Paguyuban , Pengembangan Desa Wisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M.Fajrul Munawir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Paguyuban , Pengembangan Desa Wisata
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Apr 2017 08:30
Last Modified: 17 Apr 2017 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum