PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Muhamad Nurhidayat, NIM. 12230039 (2017) PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
12230039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI PANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
12230039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Panti asuhan ini memiliki Usaha Donat dan Bakery yang dikelola secara mandiri dan menjadikan usaha tersebut sebagai media pembelajaran berwirausaha untuk anak yatim dan dhuafa. Pembelajaran tersebut berupa pembekalan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka sehingga di panti asuhan La Tahzan ini tidak hanya melakukan pembinaan dibidang agama dan pendidikan saja, namun juga pembinaan keterampilan berwirausaha. sehingga dengan adanya pemberdayaan anak yatim dan dhuafa untuk meningkatkan kesejahteraan tersebut dapat menambah wawasan anak yatim dan dhuafa tentang dunia usaha, anak yatim dan dhuafa menjadi lebih produktif, merek punya penghasilan sendiri, serta kehidupan anak yatim dan dhuafa menjadi lebih terjamin (sandang, pangan, papan). Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pemberdayaan anak yatim dan dhuafa untuk meningkatkan kesejahteraan di Panti Asuhan La Tahzan Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Selanjutnya dalam melakukan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, dan dalam melakukan analisis data dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa proses pemberdayaan anak yatim dan dhuafa untuk meningkatkan kesejahteraan di Panti Asuhan La Tahzan melalui kewirausahaan ada tiga tahapan, yang pertama penyadaran melalui ajakan, kunjungan, berdialog dengan memberikan motivasi, penjadwalan dan atas kesadaran sendiri. Kedua memberikan pembekalan pelatihan keterampilan boga dan berwirausaha, keterampilan menjahit serta handicraf. Ketiga pembekalan keterampilan produksi serta pemasaran produk. Hasil dari pemberdayaan pemberdayaan anak yatim dan dhuafa untuk meningkatkan kesejahteraan di Panti Asuhan La Tahzan melalui kewirausahaan yaitu anak yatim dan dhuafa menjadi lebih produktif, mempunyai penghasilan sendiri, dan kehidupan anak yatim dan dhuafa menjadi lebih terjamin. Kata Kunci: Pemberdayaan, Kesejahteraan, Anak Yatim dan Dhuafa, Panti Asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Afif Rifai,M.S.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kesejahteraan, Anak Yatim dan Dhuafa, Panti Asuhan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 01:39
Last Modified: 18 Apr 2017 01:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25112

Actions (login required)

View Item View Item