RETORIKA PADA LAPORAN CSR PERUSAHAAN TAMBANG DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2011-2013

Fuci Akhmaridza, S.EI, NIM. 1220310024 (2016) RETORIKA PADA LAPORAN CSR PERUSAHAAN TAMBANG DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2011-2013. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RETORIKA PADA LAPORAN CSR PERUSAHAAN TAMBANG DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2011-2013)
1220310024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RETORIKA PADA LAPORAN CSR PERUSAHAAN TAMBANG DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2011-2013)
1220310024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana retorika yang digunakan lima perusahaan tambang dan kimia yang terdaftar di DES tahu 2011 – 2013 dalam laporan CSR perusahaan?. Kedua, bagaimana hubungan antara laporan CSRdengan perkembangan lingkungan di Indonesia?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui retorika yang digunakan dalam Laporan CSR perusahaan.Sampel dalam penelitian ini mencakup lima perusahaan yang terfadtar dalam perusahan tambang dan kimia yaitu PT Holcim, PT Indocement, PT Semen Indonesia, PT Antam dan PT Bukit Asam. Teknik analisis data menggunakan model retorika yang dikembangkan oleh Magdalena Danielt dan Olesia Mihai dengan mengacu pada model retorika oleh Jane Ahlering. model retorika digunakan untuk analisa data dan mengkaji data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kelima perusahaan yaitu PT Holcim, PT Indocement, PT Semen Indonesia, PT Antam dan PT Bukit Asam menggunakan teknik retorika untuk membentuk informasi yang bersifat positif. Namun masing – masing perusahaan memiliki tujuan yang berbeda dalam menggunakan informasi yang dimiliki. Teknik retorika ini juga menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan konsep triple bottom line dalam kegiatan CSR dan membentuk laporan CSR. Triple bottom linemeliputi people, planet and profit.Dalam hal ini, keadaan perusahaan pada saat itu menjadi salah satu alasan perusahaan menggunakan porsi yang berbeda pada ketiga aspek tersebut. Intinya, ketiga aspek digunakan perusahaan untuk lebih meyakinkan para pemangku kepentingan tentang keseimbangan yang dilakukan perusahaan dalam bisnis dan kepedulian sosial perusahaan. Kedua, Hasil laporan analisis dari sisi retorika pada aspek lingkungankelima perusahaan yaitu PT Holcim, PT Semen Indonesia, PT Indocement, PT Antam dan PT Bukit Asam memperlihatkan informasipositiftentang konstribusi perusahaan dalam kegiatan yang berkaitan dengan pengurangan masalah lingkungan pada laporan CSR.Namun data dilapangan menunjukkan bahwa perusahaan kurang memberikan kontribusi yang positif terhadap pengurangan kerusakan lingkungan. Kata Kunci : Corporate social responsibility, Triple bottom line, Model Retorika , Laporan CSR

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr.M. Fakhri Husein, M.Si
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, Triple bottom line, Model Retorika , Laporan CSR
Subjects: Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 09:04
Last Modified: 18 Apr 2017 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item View Item