RELASI ORANG TUA TIRI DENGAN ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH(STUDI KELUARGA TIRI DI DESA RAJI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH)

ATIK RINAWATI, NIM. 1420310035 (2017) RELASI ORANG TUA TIRI DENGAN ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH(STUDI KELUARGA TIRI DI DESA RAJI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RELASI ORANG TUA TIRI DENGAN ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH(STUDI KELUARGA TIRI DI DESA RAJI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH))
1420310035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RELASI ORANG TUA TIRI DENGAN ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP UPAYA MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH(STUDI KELUARGA TIRI DI DESA RAJI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH))
1420310035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebahagiaan dan kekalnya kehidupan rumah tangga pada dasarnya menjadi dambaan serta tujuan dari adanya perkawinan. Menikah dengan janda/duda atau seseorang yang sudah memiliki anak memang selalu menimbulkan tantangan besar bagi seorang wanita ataupun pria terutama saat ia diharuskan untuk ikut mengurus anak-anak dari suaminya atau istrinya. Berawal dari pandangan masyarakat tentang orang tua tiri yang kejam mungkin telah meninggalkan kesan yang begitu kuat dalam diri anak-anak, sehingga mulai timbul sebuah opini yang tidak adil, yaitu bahwa ayah atau ibu tiri identik dengan penyiksaan dan kekejaman. Masyarakat desa Raji banyak yang berstatus janda atau duda dan mereka memutuskan untuk menikah kembali dan memiliki anak tiri. Relasi orang tua tiri dengan anak yang ada di desa Raji dapat terjalin dengan baik sehingga dapat membentuk keluarga yang sakinah. Berangkat dari hal tersebut dalam penelitian ini penulis mencari tahu bagaimana pola relasi orang tua tiri dengan anak yang terjadi di desa Raji dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pola relasi tersebut terhadap upaya membentuk keluarga sakinah di desa Raji. Tujuan penelitian yaitu: 1). Untuk menjelaskan bentuk praktik relasi orang tua tiri dengan anak yang terjadi di desa Raji Kecamatan Demak, Kabupaten Demak; 2). Untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya membentuk keluarga sakinah pada keluarga tiri di desa Raji Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan psikologi. Dalam pengumpulan datanya didapat dengan tiga metode yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, sebagai berikut: Pola relasi orang tua tiri dengan anak yang terjadi di desa Raji yaitu membentuk pola relasi acceptence (penerimaan) yang mana antara orang tua tiri dengan anak saling menerima dan saling memberikan perhatian dan cinta kasih yang tulus antara orang tua tiri dengan anak. Dalam hal ini orang tua tiri mau menerima pendapat dari anak tiri sehingga anak merasa diterim. Dengan adanya pola relasi ini hubungan orang tua tiri dengan anak tiri menjadi lebih dekat dan dapat membentuk sebuah kelekatan antara orang tua tiri dan anak karena orang tua tiri tidak membeda-bedakan antara anak tiri dengan anak kandung. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap upaya membentuk keluarga sakinah di desa Raji yakni tingkat pendidikan orang tua, kondisi sosial ekonomi, kondisi sosial keagamaan dan kondisi lingkungan sosial masyarakat. Kata Kunci: Relasi, Keluarga Tiri, Keluarga Sakinah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ali Sodiqin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Relasi, Keluarga Tiri, Keluarga Sakinah
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2017 15:38
Last Modified: 25 Apr 2017 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum