EFEKTIVITAS PROGRAM ISMUBARIS PADA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK

MUHAMMAD DANUWIYOTO, NIM. 10410078 (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM ISMUBARIS PADA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM ISMUBARIS PADA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK)
10410078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM ISMUBARIS PADA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK)
10410078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (828kB)

Abstract

Latar belakang masalah : SMP Muhammadiyah 1 Depok melalui penerapan Program ISMUBARIS (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris), yang merupakan usaha menanamkan nilai keislaman, menambah kecakapan siswa dalam kemampuannya membaca Al-Qur’an, dan berbahasa asing. Selama ini Program ISMUBARIS yang berjalan belum pernah diukur tingkat keefektivitasannya. Sehingga perlu diadakan penelitian terhadap program ini, yang menjadi permasalahan penelitian ini tentang Efektivitas Program ISMUBARIS, dampak Program ISMUBARIS, dan bagaimana kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program ISMUBARIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program ISMUBARIS pada kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif deskriptif, menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif . Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas program. Penelitian ini diterapkan pada populasi kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 124 siswa. Menggunakan teknik random sampling serta penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Analisis Efektivitas menggunakan metode CIPP (context, Input, Process, and Product) dengan menggunakan skala likert dalam penyusunan kriterianya. Pada evaluasi per-komponen menggunakan 4 kriteria, yaitu tidak efektif, kurang efektif, efektif, dan sangat efektif. Sedangkan pada evaluasi keseluruhan menggunakan 5 kriteria dengan cara menentukan mean dan standar deviasinya terlebih dahulu, yaitu tidak efektif (X ≤ M – 1,5 x SD), kurang efektif (X ≥ M – 1,5 x SD), cukup efektif (X ≥ M – 0,5 x SD), efektif (X≥ M + 0,5 x SD), dan sangat efektif (X ≥ M + 1,5 x SD). Sedangkan pendekatan kualitatif untuk mengambil data tentang dampak dan kendala pelaksanaan Program ISMUBARIS pada siswa kelas VIII . Hasil penelitian: 1) Pengukuran Efektivitas Program ISMUBARIS menunjukkan a) evaluasi Context mendapatkan nilai 13,9 berarti Sangat efektif, b) evaluasi Input mendapatkan nilai 14,4 berarti efektif, c) evaluasi Process mendapatkan nilai 21, 4 berarti efektif, dan d) evaluasi Product mendapatkan nilai 29,5 sangat efektif, secara keseluruhan Program ini mendapatkan nilai 79,2 berarti efektif, dikarenakan X≥ M + 0,5 x SD. 2) Dampak Program ISMUBARIS pada siswa kelas VIII antara lain : a) memberikan pengalamaan keagamaan, b) memberikan pengalaman yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari, dan c) menambah kecakapan dan wawasan dalam berbahasa asing. 3) Kendala dalam pelaksanaanya: a) kepemilikan buku panduan program yang minim, b) ketidakhadiran guru pendamping, dan c) evaluasi hasil belajar yang belum baku. Kata Kunci : Efektivitas, Program, ISMUBARIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program, ISMUBARIS.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2017 15:37
Last Modified: 25 Apr 2017 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum