KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH-MADRASAH

ROHMAH, Lailatu (2014) KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH-MADRASAH. AL BIDAYAH, Vol. 6 (No. 1). pp. 45-56. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image (05. Lailatu Rohmah - KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH-MADRASAH)
COVER AL BIDAYAH VOL 6 NO 1_Page_1.jpg - Cover Image

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Image (05. Lailatu Rohmah - KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH-MADRASAH)
COVER AL BIDAYAH VOL 6 NO 1_Page_2.jpg - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (05. Lailatu Rohmah - KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH-MADRASAH)
DAFTAR ISI JURNAL BIDAYAH VOL 06 NO 01 JUN 2014.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (05. Lailatu Rohmah - KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH-MADRASAH)
05. Lailatu Rohmah - KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH-MADRASAH.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview

Abstract

Education decentralization implemented starting January 1, 2001 brought a change in the management of schools, namely the School Based Management involving the role of schools and school committees to take every school policies and decisions. One of the important aspects in the MBS / M is a model of school leadership is applied. One model of leadership that is relevant to the MBS / M is a transformative leadership characteristics that have worked to change the situation. The principles of transformative leadership is a simplification, motivation, facilitation, innovation, mobility, alert, and determination. Transformative leadership if applied in the educational institutions, schools and madrasas will bring a significant contribution and influence in the progress of the institution. Key words: educational leadership, MBS/M. *** Desentralisasi pendidikan yang diberlakukan mulai 1 Januari 2001 membawa perubahan dalam pengelolaan sekolah, yakni dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang melibatkan pada peran sekolah dan komite sekolah dalam mengambil setiap kebijakan dan keputusan sekolah. Salah satu aspek yang penting dalam MBS/M adalah model kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan. Salah satu model kepemimpinan yang relevan dengan MBS/M adalah kepemimpinan transformatif yang mempunyai karakteristik bekerja untuk merubah situasi. Prinsip-prinsip kepemimpinan transformatif adalah simplikasi, motivasi, fasilitasi, inovasi, mobilitas, siap siaga, dan tekad. Kepemimpinan transformatif jika diterapkan dalam lembaga pendidikan yakni, sekolah dan madrasah akan membawa konstribusi dan pengaruh yang signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan tersebut. Kata kunci: kepemimpinan pendidikan, MBS/M.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan pendidikan, MBS/M, educational leadership, MBS/M.
Subjects: Manajemen
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Apr 2017 13:40
Last Modified: 28 Apr 2017 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum