NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MAHABHARATA KARYA NYOMAN S. PENDIT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Zainal Muhidin, NIM. 10410139 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MAHABHARATA KARYA NYOMAN S. PENDIT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MAHABHARATA KARYA NYOMAN S. PENDIT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10410139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MAHABHARATA KARYA NYOMAN S. PENDIT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10410139_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Zainal Muhidin. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Mahabharata Karya Nyoman S. Pendit Dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islan Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan-pesan agama yaitu nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Mahabharata karya Nyoman S. Pendit dan mengungkapkan relevansi pendidikan akhlak dalam novel tersebut dengan Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini penulis memilih Novel Mahabharata karena diasumsikan memiliki pesan nilai-nilai pendidikan akhlak di dalamnya. Fokus penelitian ini ingin mengungkapkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Mahabharata karya Nyoman S. Pendit dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan media PAI dan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan dalam bidang pendidikan terutama pendidikan akhlak serta memberikan manfaat dalam upaya memaksimalkan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) Pendekatan yang dipakai dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan pragmatik. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentsi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis isi (content analisys). Dalam hal ini penulis akan menganalisis tentang nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam Novel Mahabharata karya Nyoman S. Pendit, kemudian mengungkapkan relevansinya dengan pendidikan akhlak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pesan pendidikan akhlak dalam novel ini yaitu: 1) Nilai pendidikan akhlak kepada Allah. 2) Nilai Pendidikan akhlak kepada diri sendiri. 3) Nilai pendidikan akhlak kepada keluarga. 4) Nilai Pendidikan terhadap Masyarakat. Adapun relevansi dari Nilai pendidikan Agama Islam yaitu keduanya sama-sama mengajak kepada kebaikan, menjalankan ajaran agama dengan sungguh-sungguh dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang buruk yaitu yang menuju kepada penderitaan, kesengsaraan, dan kehancuran bagi semua. Kata kunci: Akhlak, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2017 10:41
Last Modified: 25 Apr 2017 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum