TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERSAINGAN ANTAR PRODUSEN TAHU DI DESA KARANGANYAR, WERU, SUKOHARJO

NINING ISNAYNI, NIM.11380042 (2017) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERSAINGAN ANTAR PRODUSEN TAHU DI DESA KARANGANYAR, WERU, SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERSAINGAN ANTAR PRODUSEN TAHU DI DESA KARANGANYAR, WERU, SUKOHARJO)
11380042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERSAINGAN ANTAR PRODUSEN TAHU DI DESA KARANGANYAR, WERU, SUKOHARJO)
11380042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Persaingan sering dikonotasikan negatif karena dianggap mementingkan kepentingan sendiri. Oleh karena itu, Islam menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan, dan keadilan. Implementasi nilainilai tersebut merupakan tanggung jawab bagi setiap pelaku pasar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Desa Karanganyar sebagai obyek penelitian. Alasanya adalah Desa Karanganyar merupakan daerah sentra industri tahu yang ada di Kabupaten Sukoharjo sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya praktek persaingan-persaingan antar produsen tahu. Rumusan penelitian ini adalah tentang bagaimana tinjauan etika bisnis islam terhadap persaingan antar produsen tahu di Desa Karanganyar, Weru, Sukoharjo. Persaingan terkait produksi, produk, harga dan pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik yaitu menggambarkan fakta yang ada di lapangan yang diperoleh dari data-data yang diperoleh. Data yang diperoleh adalah data yang memberikan gambaran tentang permasalahan yang berhubungan dengan persaingan usaha antar produsen tahu di Desa Karanganyar, Weru, Sukoharjo. Kemudian dilakukan analisis mengenai permasalahan tersebut. Guna memperoleh data yang akurat penulis melakukan wawancara dengan sebagian para produsen tahu di Desa Karanganyar. Melalui penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persaingan yang terjadi di Desa Karanganyar adalah meliputi persaingan produksi, persaingan produk, persaingan harga, dan persaingan pemasaran. Kemudian persaingan antar produsen tahu yang terjadi di Desa Karanganyar sebagian sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, terbukti dengan praktek-praktek persaingan yang terjadi tidak menyimpang dari ajaran Islam, namun masih ada beberapa aktivitas-aktivitas dari produsen yang menyimpang dari ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: ABDUL MUGHITS, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Etka bisnis Islam, persaingan, dan produsen tahu.
Subjects: Ekonomi Islam
Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:10
Last Modified: 21 Apr 2017 07:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item View Item