GAYA PENGASUHAN ORANG TUA KARIR DALAM MENCEGAH PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA BERBASIS SEX EDUCATION(Studi Deskriptif di Kompleks Perumahan Puri Potorono Asri Desa Potorono Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul)

Wahyudi, NIM. 1520310093 (2017) GAYA PENGASUHAN ORANG TUA KARIR DALAM MENCEGAH PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA BERBASIS SEX EDUCATION(Studi Deskriptif di Kompleks Perumahan Puri Potorono Asri Desa Potorono Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (GAYA PENGASUHAN ORANG TUA KARIR DALAM MENCEGAH PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA BERBASIS SEX EDUCATION(Studi Deskriptif di Kompleks Perumahan Puri Potorono Asri Desa Potorono Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul))
1520310093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (GAYA PENGASUHAN ORANG TUA KARIR DALAM MENCEGAH PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA BERBASIS SEX EDUCATION(Studi Deskriptif di Kompleks Perumahan Puri Potorono Asri Desa Potorono Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul))
1520310093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Orang tua karir memiliki waktu terbatas untuk mengawasi, memperhatikan, mengasuh dan mendidik anak di rumah sebab disibukkan oleh jadwal kerja atau kegiatan dari instansi tempat mereka bekerja. Apabila orang tua karir dengan bermacam kesibukan kerjanya tidak mensiasati tentang cara mendidik remaja melalui gaya pengasuhan yang tepat, maka akan menimbulkan berbagai masalah pada remaja. sebab pada masa remaja, anak mengalami berbagai goncangan dan hambatan dalam menuju kematangan mental, emosional, sosial dan fisik. Sehingga, tidak menutup kemungkinan jika tidak menggunakan gaya pengasuhan yang tepat, akan menyebabkan terjadinya gangguan psikis dan psikologis pada remaja yang berbentuk kenakalan atau perilaku menyimpang. Salah satu bentuk penyimpangan pada remaja adalah perilaku seksual pranikah Penelitian ini mendeskripsikan tentang gaya pengasuhan orang tua karir dalam mendidik remaja dan upaya preventif dalam mencegah terjadinya perilaku seksual sebelum menikah pada remaja berbasis sex education. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data dengan melibatkan tiga komponen analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa orang tua karir di Kompleks perumahan Puri Potorono Asri cenderung mengasuh dengan memberi keteladanan, keterbukaan, komunikasi dua arah, berorientasi pada kebutuhan anak dan memberi prioritas pada anak yang diikuti dengan pengawasan. Orang tua karir disana dominan menggunakan gaya pengasuhan otoritatif. Sedangan upaya preventif dalam mencegah perilaku seksual sebelum menikah pada remaja melalui pendidikan seks dengan cara memberikan pemahaman kepada remaja bahwa pada masa remaja organ reproduksi mereka telah berfungsi dengan matang dan menjelaskan aspek fisik atau seksual dari seks itu sendiri, agar remaja mempunyai gambaran yang jelas tentang seksualitas dan tidak bertindak amoral. Kata Kunci : Gaya Pengasuhan, Karir, Perilaku Seksual Pranikah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya Pengasuhan, Karir, Perilaku Seksual Pranikah
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2017 14:17
Last Modified: 21 Apr 2017 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum