PENGALIHAN FUNGSI LAHAN DALAM SEWA TANAH KAS DESA DI DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM

BAGAS RISKI M.P, NIM. 12380023 (2017) PENGALIHAN FUNGSI LAHAN DALAM SEWA TANAH KAS DESA DI DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGALIHAN FUNGSI LAHAN DALAM SEWA TANAH KAS DESA DI DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)
12380023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGALIHAN FUNGSI LAHAN DALAM SEWA TANAH KAS DESA DI DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM)
12380023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Desa Condongcatur merupakan salah satu desa di kabupaten Sleman yang terletak berdekatan dengan kota Yogyakarta, sehingga menimbulkan perkembangan ekonomi dan bisnis yang pesat. Akibat dari perkembangan ini kebutuhan ekonomi menjadi meningkat terutama kebutuhan akan lahan menjadi tinggi dan terbatas. Pemerintah Desa Condongcatur menyediakan lahan tanah untuk masyarakat yang memerlukan dalam bentuk sewa, akan tetapi penyewa sering melakukan wanprestasi dalam perjanjian sewa-menyewa tanah kas desa dengan berbagai macam alasan. Pengalihan fungsi lahan tanah kas desa dan pengemplangan pembayaran menjadi masalah yang sering terjadi didalam kegiatan sewa menyewa tanah kas desa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang sewa-menyewa tanah kas desa Condongcatur ditinjau dengan sosiologi hukum Islam seperti mengapa pengalihan fungsi lahan sering terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya wanprestasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan),dengan teknik pengumpulan data berupa: observasi langsung, interview dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan sosiologis untuk melihat realitas normatif (perjanjian sewa-menyewa) dengan realitas pelaksanaan perjanjian dilapangan dan pendekatan normatif untuk menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan perjanjian sewa-menyewa berdasarkan hukum Islam. Dengan pendekatan demikian dapat diperoleh hasil peneltian, bagaimana praktik sewa-menyewa tanah kas desa di Desa Condongcatur dengan tinjauan sosiologi hukum Islam. Dalam penelitian ini, penyusun menggunakan batasan kasus Wanprestasi tanah kas desa. Dari hasil penelitian, praktik sewa-menyewa tanah kas desa di Desa Condongcatur yang meliputi: sering terjadinya wanprestasi sewa-menyewa tanah kas desa disebabkan oleh dorongan ekonomi pihak penyewa yang mengakibatkan ketidakpedulian terhadap aturan, pihak pemerintah desa mengedepankan rasa sosial sehingga terjadi peluang untuk melakukan wanprestasi, rumit dan panjangnya proses sewa-menyewa tanah kas desa yang menimbukan penyewa tidak mengerti aturan yang ada. Faktor yang mempengaruhi yaitu, pemerintah mengedepankan rasa sosial, kuantitas SDM, perubahan pola perilaku, dorongan ekonomi dan lingkungan sosial. Penelitian tentang sewa-menyewa tanah kas desa Condongcatur telah sesuai dengan tinjauan sosiologi hukum Islam karena mempertimbangkan proses sosial dan kemaslahatan yang terjadi di masyarakat. Namun dalam praktiknya masih banyak ditemukan permasalahan sehingga perlu dilakukan evaluasi pada pembaruan perjanjian serta sumber daya manusia di pemerintahan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. KHOLID ZULFA, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pengalihan fungsi, lahan sewa, tanah kas desa, sosiologi, dan hukum islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2017 06:21
Last Modified: 21 Apr 2017 06:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25144

Actions (login required)

View Item View Item