PENGADAAN LAHAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAT (Studi Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandara di Kecamatan Temon Kulonprogo)

ARUM ASMAWATI, NIM. 12380073 (2016) PENGADAAN LAHAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAT (Studi Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandara di Kecamatan Temon Kulonprogo). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGADAAN LAHAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAT (Studi Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandara di Kecamatan Temon Kulonprogo))
12380073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGADAAN LAHAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAT (Studi Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandara di Kecamatan Temon Kulonprogo))
12380073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pengadaan tanah adalah suatu kegiatan menyediakan tanah dengan cara memberi ganti kerugian yang layak dan adil kepada pihak yang berhak. Dalam pengadaan tanah yang terjadi di Kecamatan Temon masyarakat secara tidak langsung dipaksa menjual tanahnya untuk pembangunan bandara baru di 5 (lima) Desa di Kecamatan Temon Kulonprogo yaitu Desa Glagah, Palihan, Jangkaran, Sindutan, dan Kebonrejo dengan harga yang tidak layak bahkan tidak sesuai dengan harga pasaran sekarang. Lokasi renacana pembangunan bandara baru di Kulonprogo tersebut sebagian besar tanahnya digunakan sebagai lahan pertanian dengan hasil untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya. Pengadaan tanah dalam pembangunan bandara ada masyarakat yang menerima, menolak, bahkan netral. Namun, dalam masalah besar ganti kerugian masyarakat yang terdampak masih belum merasa puas dikarenakan harga yang diberikan belum layak dan belum adil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis. Pendekatan penelitian dalam karya ilmiah ini menggunakan pendekatan perspektif fiqh muamalat yaitu berupa asas-asas muamalat dan pemenuhan hak yaitu hak-hak individu dan hak-hak publik dan disertai dengan metode induktif sebagai metode untuk menganalisisnya. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengadaan tanah untuk kepentingan umum dalam pembangunan bandara di Kecamatan Temon Kulonprogo, tahap-tahap pengadaan tanah sudah sesuai dengan pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum, Peraturan Presiden Nomor 71 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum, dan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengadaan Tanah. Pengadaan tanah dalam pembangunan bandara di Kecamatan Temon untuk kepentingan umum sudah sesuai dengan asas-asas muamalat yaitu dengan asas Al-musawah (persamaan dan kesetaraan), asas Al-Adalah (keadilan), asas Ash-Shidq (kejujuran dan kebenaran), asas iktikad baik, asas Al-Huriyah (kebebasan), asas Al-Ridho (kerelaan), asas tertulis dan kesaksian. Pengadaan tanah tersebut terdapat pemenuhan hak yaitu pemenuhan hak-hak individu dan hak publik. Dalam pemenuhan hak individu, masyarakat yang terdampak sudah mendapatkan haknya untuk mendapat ganti kerugian atas tanah, bangunan, dan tanaman. Sedangkan pemenuhan hak publik, masyarakat terdampak masih mempunyai hak lalu-lintas untuk keluar masuk di atas tanah orang lain (haqqul murur) dan hak bertetangga (Haqqul-jiwar). Pengadaan tanah untuk pembangunan bandara masyarakat tidak ada hak atas hak pengaliran sisa air (Haqqul-masil), hak pengairan (Haqq asy-Syurbi), dan hak mengalirkan air di atas pekarangan orang lain (Haqqul majra).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. HAMIM ILYAS, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengadaan lahan, tanah, kepentingan umum, dan fiqh muamalat
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2017 06:57
Last Modified: 21 Apr 2017 06:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25151

Actions (login required)

View Item View Item