TINJAUAN CITA HUKUM TERHADAP FUNGSI JUDEX FACTI PENGADILAN TINGGI AGAMA DALAM MENANGANI SENGKETA EKONOMI SYARIAH(STUDI DI PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG)

MOHAMMAD JAMALUDIN, NIM. 1520310034 (2017) TINJAUAN CITA HUKUM TERHADAP FUNGSI JUDEX FACTI PENGADILAN TINGGI AGAMA DALAM MENANGANI SENGKETA EKONOMI SYARIAH(STUDI DI PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN CITA HUKUM TERHADAP FUNGSI JUDEX FACTI PENGADILAN TINGGI AGAMA DALAM MENANGANI SENGKETA EKONOMI SYARIAH(STUDI DI PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG))
1520310034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN CITA HUKUM TERHADAP FUNGSI JUDEX FACTI PENGADILAN TINGGI AGAMA DALAM MENANGANI SENGKETA EKONOMI SYARIAH(STUDI DI PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG))
1520310034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif-analitis, yaitu dengan menggambarkan data primer yang telah penulis dapatkan di Pengadilan Tinggi Agama Semarang, dilengkapi dengan data sekunder terkait fungsi judex facti Pengadilan Tinggi Agama, selanjutnya dianalisis menggunakan teori cita hukum yang meliputi keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Pengadilan Tinggi Agama Semarang, penulis dapat menyimpulkan bahwa, fungsi judex facti di Pengadilan Tinggi Agama Semarang belum sepenuhnya berjalan sebagaimana mestinya. Fungsi judex facti Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam menangani sengketa ekonomi syariah dilaksanakan dengan cara memeriksa dan mengadili perkara secara ulang berdasarkan fakta/duduk perkara yang terdapat dalam berkas perkara banding yang dikirimkan oleh pengadilan agama yang telah memeriksa dan memutus perkara pada tingkat pertama, ditambah dengan pemeriksaan tambahan apabila hakim berpendapat ada hal-hal yang memerlukan kejelasan atau untuk menambah kesempurnaan pembuktian. Tinjauan cita hukum terhadap fungsi judex facti Pengadilan Tinggi Agama Semarang di antaranya: ditinjau dari cita hukum keadilan, hakim dalam mewujudkan cita hukum keadilan masih terkendala dengan ketentuan yang samar dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang bagaimana tata cara pemeriksaan sengketa ekonomi syariah di tingkat banding, yang mana hal menjadikan hakim tidak dapat mewujudkan keadilan yang diinginkan. Ditinjau dari cita kepastian hukum, kendala dalam mewujudkan cita hukum ini adalah tidak adanya ketentuan khusus yang mengatur tentang hukum acara perdata (tata cara pemeriksaan perkara) khususnya sengketa ekonomi syariah pada peradilan tingkat banding, ditambah lagi terdapat yurisprudensi Mahkamah Agung yang bertolak belakang/bertentangan. Sedangkan ditinjau dari cita hukum kemanfaatan, sebagian telah memenuhi cita hukum ini karena telah sesuai dengan ketentuan yang mengatur tentang biaya penanganan perkara dan jangka waktu penanganan perkara. Kata kunci: Cita Hukum, Judex Facti, Sengketa Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Cita Hukum, Judex Facti, Sengketa Ekonomi Syariah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2017 13:23
Last Modified: 21 Apr 2017 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25153

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum