TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ADAT PERTUNANGAN DAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DESA LONGOS, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP

THEADORA RAHMAWATI, NIM. 13350071 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ADAT PERTUNANGAN DAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DESA LONGOS, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ADAT PERTUNANGAN DAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DESA LONGOS, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP)
13350071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ADAT PERTUNANGAN DAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT DESA LONGOS, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP)
13350071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkawinan merupakan sunnatullah yang bersifat sakral sehingga terbentuklah sebuah keluarga yang harmonis. Hal ini ditegaskan dalam UU No. 1 Tahun 1974 pasal 1 bahwa Perkawinan bertujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Akan tetapi, perlu digarisbawahi bahwasanya perkawinan haruslah dicatatkan ke KUA bagi yang beragama Islam ataupun ke DISDUKCAPIL bagi non Islam. Adapun syarat-syarat harus dipenuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku baik syarat administratif yaitu persoalan umur (16 tahun bagi perempuan dan 19 tahun bagi laki-laki maupun syarat-syarat lainnya. Mengenai perkawinan yang tidak dicatatkan karena masalah umur, masyarakat Desa Longos, Kec. Gapura, Kab. Sumenep menganggapnya sebagai tradisi yang telah dilaksanakan secara turun temurun. Pelaksanaan tersebut terjadi ketika keduanya masih di bawah umur dan ketika sepakat maka dilangsungkan perkawinan dengan diarak keliling kampung sebagai tanda bahwa di antara mereka telah terjalin suatu ikatan perkawinan. Akan tetapi, mereka tidak berkumpul karena masih melanjutkan sekolah. Setelah pihak perempuan siap dan kedua keluarga masih sepakat, maka mereka akan berkumpul dalam satu rumah dengan akad baru akan tetapi tidak adanya pesta resepsi karena telah diselenggarakan sebelumnya. Ada beberapa permasalahan yang perlu dianalisa, pertama, bagaimana masyarakat Desa Longos memaknai pertunangan dan perkawinan adat setempat. Kedua, faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya pertunangan dan perkawinan adat setempat. Ketiga, apakah adat tersebut sesuai dengan tujuan perkawinan. Dalam penelitian, digunakan metode field research dengan menggunakan observasi dan interview. Sifatnya yaitu deskriptif denganmenggambarkan secara sistematik tentang pelaksanaan dan pandangan masyarakat terhadap perkawinan adat di Desa Longos, Kec. Gapura, Kab. Sumenep serta faktor yang melatarbelakangi terjadinya pertunangan dan perkawinan adat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian masyarakat menganggap pertunangan dan perkawinan yang dilakukan sampai saat ini merupakan solusi yang efektif dalam menjaga dari pergaulan yang negatif, tetapi ada pula yang menjadikan perkawinan sebuah ladang bisnis demi tujuan tertentu. Tindakan-tindakan tersebut memiliki faktor yang melatarbelakangi, yaitu karena agama untuk menjaga kehormatan, faktor ekonomi untuk mengambil keuntungan, faktor tradisi sebagai suatu kebiasaan yang memang dipatuhi oleh masyarakat dengan istilah mencari besan.Adapun faktor eksternal karena kurangnya sosialisasi dari aparat yang terkait sehingga tingkat kedisiplinan dalam mematuhi aturan pemerintah yang berlaku rentan terjadi pelanggaran. Dalam hukum Islam, nikah sirrri sah-sah saja karena tidak bertentangan dengan agama dalam arti untuk menghindari perbuatan yang dilarang agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. Dr. H. KHOIRUDDIN NASUTION, M.A
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, adat pertunangan dan perkawinan, Desa Longos Kabupaten Sumenep
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Apr 2017 09:40
Last Modified: 11 Apr 2017 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum