TAFAKKUR DAN PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa BKI IAIN Mataram)

Etty Setiawati, NIM. 1520310032 (2017) TAFAKKUR DAN PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa BKI IAIN Mataram). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TAFAKKUR DAN PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa BKI IAIN Mataram))
1520310032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TAFAKKUR DAN PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa BKI IAIN Mataram))
1520310032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen pada 46 subjek penelitian yang pada akhirnya hanya 33 subjek yang dapat dianalisis, yaitu terdiri dari 16 subjek kelompok eksperimen dan 17 subjek sebagai kelompok kontrol. Tingkat kemampuan penyesuaian diri diukur menggunakan skala penyesuaian diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik parametrik menggunakan Uji t (Independent Sample T Test). Intervensi dilakukan selama 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama adalah pemberian materi tentang berpikir positif yang dikhususkan mengenai keterampilan dalam menghadapi suatu permasalahan, baik permasalahan terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar terutama lingkungan kampus dan akademik, kedua penyampaian materi tafakkur untuk meningkatkan kesadaran subjek bahwa berpikir positif sangat dianjurkan dalam Islam, kemudian kegiatan ketiga dilanjutkan dengan pengantar materi “Cara Mengaktifkan Tombol Pikiran Positif”, yaitu sebagaimana yang diyakini oleh banyak pakar otak dan ahli pengembangan diri, keruwetan yang dihadapi manusia bisa berawal dari cara berpikir yang salah, dan keempat menyampaikan materi mengenai golongan positif dan negatif yang menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menentukan mana orang-orang yang memiliki kemampuan berpikir positif dengan negatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dapat dilihat dari nilai t hitung penyesuaian diri sebesar 4,330 dan t tabel sebesar 2,131. Berdasarkan nilai uji t tersebut ternyata t hitung lebih besar dari t tabel maka kesimpulannya terdapat perbedaan rata-rata tingkat penyesuaian diri sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Kemudian secara berturut-turut didapat nilai t penyesuaian diri pada aspek adaptasi sebesar 2,739, aspek konformitas sebesar 4,392, dan aspek penguasaan sebesar 4,184, dimana nilai t hitungnya juga lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,131. Kemudian hasil uji independent sample t test menunjukkan hasil yang signifikan melalui perbandingan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yakni nilai probabilitasnya 0,000 < 0,05 yang berarti pelatihan berpikir positif berbasis tafakkur dapat meningkatkan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama. Secara deskriptif pada kelompok eksperimen diperoleh hasil peningkatan skor rata-rata sekitar 22 poin berada pada kategori tinggi karena pada saat pretest skor hanya 137,25 sedangkan pada saat posttest meningkat menjadi 159,19, hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 18,8%. Kata Kunci: Tafakkur, Berpikir Positif, Penyesuaian Diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa‟adah, S.Psi, M.Si, Psi.
Uncontrolled Keywords: Tafakkur, Berpikir Positif, Penyesuaian Diri.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Apr 2017 10:57
Last Modified: 20 Apr 2017 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum