UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS MELALUI PROGRAM MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS “BINA ANGGITA” YOGYAKARTA

Jariah Sulistianingsih, NIM. 11410005 (2017) UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS MELALUI PROGRAM MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS “BINA ANGGITA” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS MELALUI PROGRAM MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS “BINA ANGGITA” YOGYAKARTA)
11410005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN RELIGIUSITAS MELALUI PROGRAM MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS “BINA ANGGITA” YOGYAKARTA)
11410005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Upaya Peningkatan Religiusitas Melalui Program Membaca Al-Qur’an Dengan Media Alat Peraga Edukatif Pada Anak Autis Di Sekolah Khusus Autis “Bina Anggita” Yogyakarta. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiya dan Kegurann UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak autis sebagai anak yang memiliki kekurangan pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama dengan anak normal termasuk didalamnya pada pembelajaran membaca al-quran. Dalam kenyataanya pembelajaran pada anak autis tidak bisa disamakan dengan pembelajaran pada anak normal ada metode khusus yang digunakan salah satunya adalah penggunaan alat peraga edukatif sebagai upaya peningakatan religiusitas melalui program membaca al-qur-an pada anak autis.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah:Bagaimana pelaksanaan upaya peningkatan religiusitas melalui program membaca AlQur’an dengan media alat peraga edukatif yang dilakukan di Sekolah Khusus Autis “Bina Anggita” Yogyakarta, Apa saja Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan upaya peningkatan religiusitas melalui program membaca Al-Qur’an dengan media alat peraga edukatif di Sekolah Khusus Autis “Bina Anggita” Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang digunakan oleh guru PAI untuk meningkatkan religiusitas anak autis, alat peraga edukatif apa saja yang digunakan guru dalam membantu anak augis untuk membaca al-qur’an, sudah efektifkah penggunaaan alat peraga edukatif sebagai metode/media untuk meingkatkan religiusitas anak autis dalam program membaca al-quran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif , dengan mengambil latar belakang latar sekolah khusus autis bina anggita yogyakarta. metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan , dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Metode Peningkatan Religiusitas Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Khusus Anak Autis Bina Anggita Yogyakarta adalah metode one on one, kelas kecil, klasikal, drill, suri tauladan, pembiasaan, lovas, terapi visual, bermain, musik. (2) proses pembelajaran PAI di sekolah khusus autis bina anggita adalah do’a sehari-hari, hafalan shalat, hafalan surat-surat pendek, belajar membaca alqur-an, belajar gerakan wudhu dan shalat, mempelajari sejarah nabi, sahabat nabi dan wali dengan pemutaran video. (3) upaya peningkatan religiusitas dengan alat peraga edukatif. alat ini tergolong sebagai alat yang cukup relevan, sebab alat peraga eduktif merupakan sarana belajar semi bermain, yang bisa mencuri konsentrasi dan mencoba menarik perhatian anak-anak autis pada dunia bermain. 1)puzle huruf hijaiyah. 2) table huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: RELIGIUSITAS, MEMBACA AL-QUR’AN, ALAT PERAGA EDUKATIF, ANAK AUTIS, BINA ANGGITA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Apr 2017 08:28
Last Modified: 20 Apr 2017 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum