PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARANKU DI KELAS II SD NEGERI MARGOAGUNG SLEMAN

Badriah, Laelatul and Ma’rifah, Isna (2015) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARANKU DI KELAS II SD NEGERI MARGOAGUNG SLEMAN. AL BIDAYAH, Vol. 7 (No. 1). pp. 17-30. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image (02. Laelatul Badriah & Isna Ma’rifah - PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARANKU DI KELAS II SD NEGERI MARGOAGUNG SLEMAN)
cover bidayah vol 7 no 1 juni 2015.jpg - Cover Image

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (02. Laelatul Badriah & Isna Ma’rifah - PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARANKU DI KELAS II SD NEGERI MARGOAGUNG SLEMAN)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (02. Laelatul Badriah & Isna Ma’rifah - PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARANKU DI KELAS II SD NEGERI MARGOAGUNG SLEMAN)
02. Laelatul Badriah & Isna Ma’rifah - PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA GAMBAR TEMA KEGEMARANKU DI KELAS II SD NEGERI MARGOAGUNG SLEMAN.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview

Abstract

Th is study was to determine the students’ achievements and the obstacles encountered in using media images on thematic learning. Th is research is a class act, a model Hopkins with two cycles. Th is study is successful if 60% of the student learning experience that is by KKM completeness 65 on competence-related. Th e results showed that the media image of thematic learning can be used to improve student learning outcomes. Evidently, when the application of media images on thematic learning students are very enthusiastic with the media image, so it can be use to improve student learning outcomes. In the fi rst cycle in pretetst completeness percentage is 56.67% (17 students) and posttest by 80% (24 students), and the second cycle completeness percentage of students achieving 90% to 27 students who completed the KKM. Based on the fi nal results of this study show that an increase in student learning outcomes in thematic learning. Th at is, the thematic learning can be more interesting if the instructional use of media images. Keywords: thematic learning, media images *** Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, model Hopkins dengan dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 60% hasil belajar siswa mengalami ketuntasan yaitu dengan KKM 65 pada kompentensi yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti, saat penerapan media gambar pada pembelajaran tematik siswa sangat antusias sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan pada pretetst ialah 56,67% (17 siswa) dan posttest sebesar 80% (24 siswa), lalu pada siklus II prosentase ketuntasan siswa mencapai 90% dengan 27 siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Artinya, pembelajaran tematik dapat lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakannya media gambar. Kata kunci: pembelajaran tematik, media gambar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik, media gambar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 May 2017 14:32
Last Modified: 02 May 2017 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum