MANAJEMEN PONDOK BERBASIS LIFE SKILLS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK NAHRUL HAYAH YOGYAKARTA

AGUS SOFWAN, NIM. 11470065 (2017) MANAJEMEN PONDOK BERBASIS LIFE SKILLS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK NAHRUL HAYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PONDOK BERBASIS LIFE SKILLS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK NAHRUL HAYAH YOGYAKARTA)
11470065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PONDOK BERBASIS LIFE SKILLS DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK NAHRUL HAYAH YOGYAKARTA)
11470065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Dari judul tersebut, dapat diambil permasalahan (1) Bagaimana Konsep Pondok Berbasis Life Skills (2) Bagaimana manajemen pondok berbasis life skills di Pondok Nahrul Hayah Yogyakarta dan (3) Bagaimana hasil manajemen yang diterapkan pada pondok berbasis life skills baik secara general skills maupun specific life skills dalam membentuk kemandirian santri di Pondok Nahrul Hayah Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan yang berada di Pondok Nahrul Hayah Yogyakarta. Pondok tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan gambaran dan desain manajemen pondok berbasis life skills di Pondok Nahrul Hayah. Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, dokumentasi dan triangulasi data. Analisis data dalam penelitaian ini berupa teknik analisis derskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Konsep pondok berbasis life skills ialah: pondok (asrama) sebagai salah satu penyelenggara pendidikan nonformal memiliki kegiatan kecakapan hidup (life skills) yang diajarkan pada santri melalui macam-macam kecakapan hidup seperti general life skills dan specific life skills (2) Manajemen pondok berbasis life skills yang ada di Pondok Nahrul Hayah sudah berjalan cukup baik sesuai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (3) Hasil manajemen pondok berbasis life skills yang ada di Pondok Nahrul Hayah Yogyakarta, adalah general life skills meliputi personal skills dan social skills serta specific life skills meliputi academic skills dan vocational skills, sehingga telah dapat membentuk kemandirian santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Zainal Arifin, S.Pd.I.,M.SI,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pondok, Life Skills, Mandiri, Santri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:34
Last Modified: 11 Apr 2017 03:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25175

Actions (login required)

View Item View Item