EFEKTIFITAS PROGRAM SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH

MASYHUD, NIM. 12410167 (2017) EFEKTIFITAS PROGRAM SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PROGRAM SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH)
12410167_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PROGRAM SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH)
12410167_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya dengan program Sasaran Kerja Pegawai (SKP) maka kinerja para guru Pendidikan Agama Islam akan baik. Namun pada pengamatannya masih ada beberapa guru Pendidikan Agama Islam yang kinerjanya masih kurang baik. Oleh karena itu perlu dilaksanakan penelitian mengenai efektifitas program SKP dalam meningkatkan kinerja guru PAI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru PAI di MAN Majenang, bagaimana efektifitas SKP dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MAN Majenang, serta apa yang menjadi daya dukung dan hambatan SKP di MAN Majenang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil latar tempat di MAN Majenang Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah kemudian ditarik kesimpulan. Penentuan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Staf pengurus SKP, dan Pejabat penilai SKP, serta Guru-guru PAI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kinerja para Guru PAI mengalami peningkatan, bentuk peningkatan tersebut terdiri dari peningkatan yang dapat diukur dan peningkatan yang tidak dapat diukur. (2) Program SKP dinilai efektif dalam meningkatkan kinerja guru PAI, analisa ini dilakukan melalui model CIPP, dengan hasil: (a) Penilaian konteks, adanya kesesuaian antara program SKP baik secara konsep yaitu format formulir SKP, maupun secara teknis pelaksanaan yaitu terkait jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah dengan yang diterapkan di MAN Majenang. (b) Penilaian input, yaitu input dari madrasah kepada program SKP, bentuknya tergolong kedalam dua jenis yaitu pertama adalah sumber, yang berupa sarana prasarana. Kedua adalah strategi, berupa cara-cara dan bentuk tindakan khusus dari madrasah untuk program SKP. (c) Penilaian proses, yaitu ketepatan jadwal dan teknik pelaksanaan dari mulai penyusunan SKP, pengajuan SKP, dan penilaian SKP. (d) Penilaian hasil, yaitu keberhasilan dengan telah tercapai dan terpenuhinya penilaian konteks, penilaian input, dan penilaian proses secara baik dengan berbagai pencapaian keberhasilan yang terdapat di setiap ketiga tahapan penilaian tersebut. (3) Daya dukung dalam pelaksanaan SKP ini adalah sarana prasarana yang memadai, respon yang baik dari pendidik dan tenaga kependidikan, iklim kerja yang kompetitif dalam kebaikan. Adapun faktor penghambat pada dasarnya tidak ditemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: PROGRAM SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP), KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, MADRASAH ALIYAH NEGERI MAJENANG KABUPATEN CILACAP
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Apr 2017 13:25
Last Modified: 19 Apr 2017 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum