PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN AKIDAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI DAN MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA 1

NUR FITRIYANI, NIM. 12410216 (2016) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN AKIDAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI DAN MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN AKIDAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI DAN MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA 1)
12410216_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN AKIDAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI DAN MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA 1)
12410216_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran akidah karena pembelajaran belum memanfaatkan sarana dan prasaran sebagai media pembelajaran secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan produk video akidah dengan melakukan uji kelayakannya untuk diterapkan sebagai media pembelajaran serta menjelaskan hasil ujicoba penggunaan media tersebut sehingga dapat memberikan motivasi dan meningkatkan prestasi belajar akidah siswa kelas VII di MTs Negeri Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research & Development) dengan mengambil latar MTs Negeri Yogyakarta 1. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi, dan tes khusus. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan produk, pemberian angket motivasi belajar, dan ttest. Pemeriksahan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda, melakukan uji kelayakan produk oleh ahli dan pengguna, menguji validitas dan reliabilitas angket motivasi, dan melakukan ujicoba produk untuk menunjukkan perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen Hasil penelitian menunjukkan; (1) Pembelajaran akidah kelas VII MTs Negeri Yogyakarta 1 selama ini belum menggunakan media secara maksimal, sehingga perlu pengembangan media yang sesuai dengan karakteristik siswa terutama dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia secara maksimal. (2) Salah satu media yang efektif untuk pembelajaran akidah adalah video Iman kepada malaikat yang dikembangkan dengan menyesuaikan materi akidah dan menyesuaikan karakteristik siswa serta memberikan variasi pembelajaran akidah yang berbeda. (3) Penggunaan media video Iman kepada malaikat dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, berdasarkan hasil uji angket menunjukkan peningkatan motivasi sebesar 0,958 sehingga termasuk dalam kategori baik karena lebih dari 0,800 dan hampir mendekati nilai 1. Peningkatan motivasi belajar akidah juga memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar akidah, hal ini berdasarkan hasil pretest dan posttest yang dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 3,939 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 5,703 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 1,764. Hal tersebut menunjukkan bahwa media video Iman kepada malaikat efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar akidah, sehingga video Iman kepada malaikat layak digunakan sebagai media pembelajaran akidah untuk siswa kelas VII di MTs Negeri Yogyakarta 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media, dan Video
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Apr 2017 13:27
Last Modified: 19 Apr 2017 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum