KAJIAN NORMATIF TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DAARUT TAUHID YOGYAKARTA

FAQIHUDDIN ASYROF, NIM. 13380088 (2017) KAJIAN NORMATIF TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DAARUT TAUHID YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KAJIAN NORMATIF TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DAARUT TAUHID YOGYAKARTA)
13380088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN NORMATIF TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DAARUT TAUHID YOGYAKARTA)
13380088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Melalui observasi langsung dan wawancara terhadap pengelola LAZNAS DPU DT Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif, yang memakai fikih dan peraturan perundang-undangan. Data penelitian menggunakan data primer. Sumber data diperoleh dari wawancara dan dokumen yang diambil langsung dari tempat penelitian. Setelah dilakukan penelitian, maka hasil dari penelitian ini adalah Pendistribusian di LAZNAS DPU DT Yogyakarta sudah sesuai dengan fikih dari pendapat Yusuf Qardhawi bahwa zakat terlebih dahulu didistribusikan di mana zakat tersebut diambil. Setelah mustahiq di daerah zakat diambil tercukupi zakat boleh didistribusikan ke luar daerah diambilnya zakat seperti yang terlihat di wilayah Kota Yogyakarta. Dalam grafik yang ditunjukkan daerah Bantul memperlihatkan bahwa daerah Bantul dapat mandri dengan memberdayakan muzakki untuk mencukupi kebutuhan mustah}iq yang ada. Pola ini juga sudah sesuai dengan Pasal 690 KHESY yang berbunyi bahwa zakat didistribusikan di daerah pengumpulan zakat. Dalam konteks ini zakat dikumpulkan di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga wilayah distribusinya mencakup wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan yang ada dalam Pasal 25 Undang-Undang No. 23 tahun 2011 juga sudah diterapkan dengan baik oleh pengelola LAZNAS DPU DT Yogyakarta. Pendistrbusian dengan saling menutupi wilayah yang kekurangan dana zakat dengan dana zakat dari wilayah yang berlebih, memperlihatkan perinsip pemerataan agar semua wilayah mendapat zakat. Keadilan diperlihatkan dengan tidak memindahkan harta zakat apabila mustahiq yang ada di daerah tersebut belum tertutupi. Daerah operasionalnya juga masih banyak di daerah Yogyakarta ini memperlihatkan prinsip kewilayahan yang diprioriaskan. Kata kunci: Pendistribusian, harta zakat, LAZNAS DPU DT Yogyakarta,mustah}iq, muzakki, pemertaan, keadilan, kewilayahan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Mujib, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian, harta zakat, LAZNAS DPU DT Yogyakarta, mustah}iq, muzakki, pemertaan, keadilan, kewilayahan.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Apr 2017 13:26
Last Modified: 19 Apr 2017 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum