TINJAUAN MAQASID SYARI’AH TERHADAP PRINSIP LIMITED LIABILITY DALAM TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN GRUP DI INDONESIA (STUDI PASAL 3 AYAT 1 UU NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS)

SALWA FAEHA HANIM, NIM. 13380070 (2017) TINJAUAN MAQASID SYARI’AH TERHADAP PRINSIP LIMITED LIABILITY DALAM TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN GRUP DI INDONESIA (STUDI PASAL 3 AYAT 1 UU NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN MAQASID SYARI’AH TERHADAP PRINSIP LIMITED LIABILITY DALAM TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN GRUP DI INDONESIA (STUDI PASAL 3 AYAT 1 UU NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS))
13380070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN MAQASID SYARI’AH TERHADAP PRINSIP LIMITED LIABILITY DALAM TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN GRUP DI INDONESIA (STUDI PASAL 3 AYAT 1 UU NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS))
13380070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa konsistensi pengaturan prinsip limited liability dalam Undang-undang No.40 tahun 2007 terhadap realitas bisnis perusahaan grup di Indonesia, serta untuk mengetahui perspektif maqasid asy-Syari’ah terhadap prinsip limited liability dalam tanggung jawab perusahaan grup di Indonesia. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pustaka (library research) yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi ilmiah, berupa teori-teori, metode, atau pendekatan yang pernah berkembang dan pernah didokumentasikan dalam bentuk Undang-undang, buku, jurnal, naskah, catatan, rekaman sejarah, dan dokumen-dokumen lainnya yang dapat membantu penyusun dalam menganalisis prinsip limited liability dalam perusahaan grup di Indonesia dari perspektif maqasid asy-Syari’ah (studi pasal 3 ayat 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas). Di samping itu, penulis juga menyertakan beberapa yurisprudensi Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia terkait dengan kasus perusahaan grup yang dapat mendukung dan menunjang penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa prinsip limited liability dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 menunjukkan inkonsistensi jika diterapkan pada perusahaan grup. Prinsip limited liability dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tidaklah sesuai dengan maqasid asy-Syari’ah ketika diterapkan pada induk dan anak perusahaan dalam perusahaan grup di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ratnasari Fajariya Abidin, SH., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, maqasid syariah, limited liability,
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Apr 2017 01:41
Last Modified: 19 Apr 2017 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item