IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP.DAWAM) KADER BANGSA YOGYAKARTA

Muhammad Nur Huda, NIM. 12410246 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP.DAWAM) KADER BANGSA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP.DAWAM) KADER BANGSA YOGYAKARTA)
12410246_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN KEBANGSAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP.DAWAM) KADER BANGSA YOGYAKARTA)
12410246_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap penerapan pendidikan agama islam dan pendidikan kebangsaan di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan agama islam dan pendidikan kebangsaan yang meliputi materi pendidikan agama islam dan materi pendidikan kebangsaan, metode pembelajaran, perencanaan pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat dan capaian penerapan pendidikan agama islam dan pendidikan kebangsaan dalam membentuk karakter nasionalisme santri di Pondok Pesantren Daarul Ulum Wal Hikam (PP. DAWAM) kader bangsa Malangan Giwangan Umbulharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Daarul Ulum Wal Hikam (PP. DAWA) Malangan Giwangan Umbulharjo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) implemenltasi pendidikan agama Islam dan pendidikan kebangsaan mengacu kepada kurikulum yang disusun dan dirancang sendiri oleh para pengurus pondok pesantren DAWAM (2) pendidikan agama Islam dan pendidikan kebangsaan rencana pembelajarannya adalah kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan penugasan (3) Korelasi pendidikan agama Islam dan pendidikan kebangsaan jika dilihat dari tujuannya, kedua materi ini mempunyai orientasi penekanan pada aspek pembinaan dan pengembangan kepribadian santri di PP DAWAM. (4) Penanaman karakter nasionalisme diperoleh dari pembelajaran didalam kelas dan pembelajaran diluar kelas (praktek langsung di masyarakat dengan bentuk organisasi, JPMI, PRS dan BANKOR PBN) dengan menanamkan nilai religius, nilai kerjasama, nilai harga menghargai, nilai rela berkorban, nilai persatuan dan kesatuan dan nilai bangga menjadi bangsa Indonesia (4) faktor pendukung: fasilitas atau media pembelajaran disediakan dengan gratis, ustadzustadz yang berkompeten dalam bidangnya dan tutor atau pemateri pendidikan kebangsaan adalah tokoh-tokoh nasional, faktor penghambat: santri kesulitan memahami bahasa dalam kitab dengan menggunakan bahasa Jawa, ruang dan waktu untuk pelaksanaan kegiatan pesantren cukup terbatas (5) capaian implementasi pendidikan agama Islam dan pendidikan kebangsaan: Santri di pondok Pesantren Daarul Ulum Wal Hikam tidak hanya pandai dalam beragama tetapi mereka juga cakap dalam berbangsa bisa dilihat dari kehidupan sehari-hari santri di PP DAWAM yaitu mampu mencerminkan sikap religius, rela berkorban, persatuan dan kesatuan, harga menghargai, kerja sama, bangga menjadi bangsa Indonesiasantri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kebangsaan, Karakter Nasionalisme.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Apr 2017 08:42
Last Modified: 19 Apr 2017 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum