STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA YANG MEMILIKI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TINGGI DENGAN RENDAH DI MtsN YOGYAKARTA I

ASTRI ISKANDAR YANTI - NIM. 04420938, (2009) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA YANG MEMILIKI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TINGGI DENGAN RENDAH DI MtsN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA YANG MEMILIKI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TINGGI DENGAN RENDAH DI MtsN YOGYAKARTA I )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA YANG MEMILIKI MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TINGGI DENGAN RENDAH DI MtsN YOGYAKARTA I )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidak adanya perbedaan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa yang memiliki minat yang tinggi dengan yang rendah kelas VII MTsN Yogyakarta I. hipotesa yang penulis gunakan yaitu ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa yang memiliki minat belajar bahasa Arab yang tinggi dengan yang rendah kelas VII MTsN Yogyakarta I. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN Yogyakarta I tahun pelajaran 2007/2008 terdiri dari 5 kelas yang keseluruhan siswanya berjumlah 179 siswa dianatarnya kelas VII A terdiri 37 siswa, kelas VII B terdiri 36 siswa, kelas VII C terdiri 36 siswa, kelas VII D terdiri 36, dan kelas VII E terdiri dari 34 siswa. Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Metode angket ini digunakan untuk mencari ukuran minat siswa dan metode dokumentasi digunakan untuk melihat prestasi siswa kelas VII MTsN Yogyakarta I. Hasil dari penelitian ini 1) minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTsN yogyakarta I rata-rata rendah. Factor dominan yang mempengaruhi minat mereka adalah tidak semua dari mereka yang lulusan MI, sehingga mereka yang lulusan SD merasa kesulitan mempelajari bahasa Arab yang baru dipelajarinya di MTsN tersebut. 2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa yang memiliki minat belajar bahasa Arab yang tinggi dengan yang rendah. Perbedaan yang signifikan itu ditunjukan dengan koefisien perbandingan sebesar 4,28. perbedaan dapat dilihat dari rata-rata skor (mean) masing-masing variable. Mean variable X = 68,4 dan variable Y = 61,81. sedangkan selisih antar keduanya adalah 68,4 – 61,81 = 6,59

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRS. DUDUNG HAMDUN, M.SI
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, minat belajar, bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Aug 2012 14:38
Last Modified: 03 Apr 2017 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item