STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo

Hamidi, Nur (2015) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo. AL BIDAYAH, Vol. 7 (No. 2). pp. 103-124. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image (01. Nur Hamidi - STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo)
COVER AL BIDAYAH VOL 7 NO 2_Page_1.jpg - Cover Image

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Image (01. Nur Hamidi - STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo)
COVER AL BIDAYAH VOL 7 NO 2_Page_2.jpg - Cover Image

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text (01. Nur Hamidi - STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (01. Nur Hamidi - STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo)
01. Nur Hamidi - STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (01. Nur Hamidi - STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH BERPRESTASI DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo)
INDEKS.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview

Abstract

This article discusses about the communication strategy of headmaster in the development of the quality of madrasah. Historical development of madrasah in Indonesia was recorded as a majority of types of private Islamic educational institutions with the poor quality. However, from the late of 20th century into the early 21st century, it began to appear several private madrasah are able to compete with domestic and elementary schools, such as the case of Islamic Elementary of Muhammadiyah Serangrejo. Madrasah is evidently managed by headmaster achievement. The results of this study can be concluded that turns heads of Muhammadiyah primary school Serangrejo Kulonprogro are managed to usevarious communication strategies to convey the ideas of madrasah development. All components of madrasah and community support, thus improving the quality of madrasah can be realized. Keywords: headmaster, Ibtidaiyah, communication, strategy *** Artikel ini berisi tentang strategi komunikasi kepala madrasah yang berprestasi dalam pengembangan mutu madrasah ibtidaiyah. Sejarah perkembangan madrasah ibtidaiyah di Indonesia tercatat sebagai mayoritas jenis lembaga pendidikan Islam yang berstatus swasta dengan mutu rendah. Namun, pada akhir abad 20 dan memasuki awal abad 21 mulai bermunculan beberapa madrasah ibtidaiyah swasta yang mampu bersaing dengan madrasah ibtidaiyah negeri maupun sekolah dasar, seperti kasus MI MuhammadiyahSerangrejo. Madrasah ini ternyata dikelola oleh kepala madrasah berprestasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ternyata kepala Madrasah ibtidaiyah Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo menggunakan strategi komunikasi yang bervareasi untuk menyampaikan ide-ide pengembangan madrasah. Seluruh komponen madrasah dan masyarakat mendukung, sehingga peningkatan mutu madrasah dapat diwujudkan. Kata kunci: kepala madrasah, Ibtidaiyah, strategi, komunikasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kepala madrasah, Ibtidaiyah, strategi, komunikasi, headmaster, Ibtidaiyah, communication, strategy
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 May 2017 14:05
Last Modified: 03 May 2017 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item