NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FUNGKI FEBIANTONI FUNGKI FEBIANTONI, NIM.13410138 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410138_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410138_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan faktor utama dalam menciptakan, menanamkan dan mewujudkan serta menyadarkan dan memahamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik serta tidak hanya mengajarkan aspek intelektual saja. Fenomena-fenomena tentang krisis multidimensional pada realitas sosial dan spiritual, seperti kekerasan, kejahatan, tawuran korupsi pada sisi sosial dan tindakan amoral, tawuran, korupsi, kurang minat pada keagamaan pada aspek spiritual telah membuktikan bahwa perlu adanya menciptakan, menanamkan, dan mewujudkan serta menyadarkan dan memahamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Penciptaan, penanaman, dan perwujudan serta penyadaran dan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan dengan memaknai peristiwa Isra’ Mi’raj melalui nilai-nilai yang ada didalamnya. Peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki nilai karakter mulia yang dapat dijadikan sumber untuk menanaman nilai karakter mulia pada peserta didik. Tujuan penelitian ini, (1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj; (2) untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter peristiwa Isra’ Mi’raj dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah historis-teologis, untuk mengungkap kembali kejadian masa lampau berdasarkan waktu dan kemudian dimaknai nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki karakter mulia yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Karakter yang diterkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj diantaranya adalah pemahaman diri pada nilai sosial dan pemahaman diri pada nilai spiritual, sehingga membantu menyadarkan dan memahamkan diri sebagai manusia dan membentuk manusia yang ideal. Pendidikan karakter dalam peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki relevansi terhadap Pendidikan Agama Islam, yakni dalam hal tujuan Pendidikan Agama Islam; Pendidik; Metode; Peserta didik; Materi pembelajaran; dan Media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, isro' Mi'raj,PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2017 15:05
Last Modified: 11 Apr 2017 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum