PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TAMRIN LUGHAH PADA SISWA KELAS VIII MTS IBNUL QOYYIM PUTRA

Arief Fauzani, NIM. 12420037 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TAMRIN LUGHAH PADA SISWA KELAS VIII MTS IBNUL QOYYIM PUTRA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TAMRIN LUGHAH PADA SISWA KELAS VIII MTS IBNUL QOYYIM PUTRA)
12420037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TAMRIN LUGHAH PADA SISWA KELAS VIII MTS IBNUL QOYYIM PUTRA)
12420037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran Tamrin Lughah di MTs Ibnul Qoyyim masih menggunakan metode ceramah menggunakan buku paket, spidol dan papan tulis (white board). Sehingga para siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis lectora inspire. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan media, kualitas media berdasarkan ahli media dan ahli materi, serta mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Research dan Development (R&D). Proses pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap yaitu lapangan awal / kelompok kecil sejumlah 5 siswa dan lapangan utama / kelompok besar sejumlah 24 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 94,66%. Sedangkan respon sejumlah 24 siswa memperoleh kategori penilaian sangat positif dengan persentase keidealan sebesar 84,9%. Dari data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai alternatif lain agar siswa tidak jenuh selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Respon Siswa
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 02:06
Last Modified: 18 Apr 2017 02:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25234

Actions (login required)

View Item View Item