PROGRAM KEGIATAN ONE WEEK ONE JUZ DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XII DI SMK MA’ARIF BOROBUDUR MAGELANG

Nisday Umroh Mahfudhoh, NIM. 13410151 (2017) PROGRAM KEGIATAN ONE WEEK ONE JUZ DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XII DI SMK MA’ARIF BOROBUDUR MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KEGIATAN ONE WEEK ONE JUZ DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XII DI SMK MA’ARIF BOROBUDUR MAGELANG)
13410151_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KEGIATAN ONE WEEK ONE JUZ DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS XII DI SMK MA’ARIF BOROBUDUR MAGELANG SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian)
13410151_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini yang menunjukkan kemerosotan moral. Hal ini juga dirasakan oleh guru Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didiknya kurang memiliki sikap tanggung jawab, religius, disiplin, jujur, minat bacanya kurang dan lebih fokus dan asyik bermain dengan gadget. One Week One Juz merupakan kegiatan rutin di SMK Ma‟arif Borobudur Magelang sebagai upaya guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan One Week One Juz, nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diwujudkan melalui kegiatan One Week One Juz dan implikasi dari kegiatan One Week One Juz siswa kelas XII SMK Ma‟arif Borobudur Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Ma‟arif Borobudur Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan simpulan. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XII SMK Ma‟arif Borobudur Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan One Week One Juz di SMK Ma‟arif Borobudur Magelang merupakan kegiatan rutin membaca Al-Qur‟an satu juz dalam waktu satu minggu yang diikuti oleh siswa dan dikoordinasikan oleh guru. Sebelum kegiatan ini dilakukan perlu adanya kesiapan dari guru dan siswa. Siswa akan mendapatkan nomor juz sesuai dengan presensi dan akan berturut setiap satu periode (1 minggu) dan setelah selesai melaporkan kepada koordinator. Untuk mengontrol dan mengawasi kegiatan ini perlu adanya peran dari orang tua siswa. Nilai pendidikan karakter yang dapat diwujudkan pada kegiatan ini terdapat 9 nilai yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, bertanggung jawab, bersahabat/komunikatif, peduli sosial dan gemar membaca. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif terhadap penanaman pendidikan karakter siswa pada perilaku sehari-hari yang terwujud dalam 4 nilai karakter tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karwadi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, One Week One Juz, Pembiasaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Apr 2017 08:38
Last Modified: 12 Apr 2017 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum