ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X IIS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

MUHAMMAD BEBEN SATRIA ARDIANSYAH, NIM. 13420074 (2017) ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X IIS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X IIS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X IIS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
13420074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan membaca teks berbahasa Arab dan upaya guru mengatasi kesulitan tersebut di kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif,dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X IIS 1 MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling berupa purposive sampling atau pengambilan berdasarkan tujuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab, guru menggunakan metode langsung, metode ceramah, dan tanya jawab. Adapun faktor kesulitan membaca teks Arab pada siswa kelas X IIS 1 MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta yaitu Pertama: Kesulitan Linguistik: minimnya kemampuan siswa dalam pemahaman kaidah bahasa Arab dan bekal kosakata, minimnya kemampuan siswa dalam menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam kalimat yang tepat, membaca teks Arab masih seperti membaca ayat Al-Qur’an, dan kesulitan dalam penentuan tanda baca, intonasi dan penekanan kalimat. Kedua: Kesulitan Metodologis: terbatasnya waktu yang disediakan dalam pembelajaran bahasa Arab dan latar belakang pendidikan siswa yang berbedabeda. Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan membaca teks Arab pada siswa kelas X IIS 1 MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta yaitu memberikan tanya jawab kepada siswa yang belum paham akan materi yang sedang dipelajari, membuat metode-metode alternatif agar siswa mudah memahami materi, memberikan dorongan kepada siswa untuk belajar dengan teman yang lebih tahu, memotivasi siswa agar bersemangat dalam belajar bahasa Arab baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah, dan membuat siswa agar tidak menganggap bahwa bahasa Arab itu sulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor Kesulitan, Membaca, Teks Berbahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Apr 2017 09:38
Last Modified: 13 Apr 2017 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum