STUDI KOMPARASI MATERI SARAF DALAM BUKU BELAJAR TASHRIF SISTEM 20 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA DAN BUKU SHOROF PRAKTIS METODE KRAPYAK KARYA DRS. MUHTAROM BUSYRO (ANALISIS GRADASI MATERI)

AAM AMALIA, NIM. 13420069 (2017) STUDI KOMPARASI MATERI SARAF DALAM BUKU BELAJAR TASHRIF SISTEM 20 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA DAN BUKU SHOROF PRAKTIS METODE KRAPYAK KARYA DRS. MUHTAROM BUSYRO (ANALISIS GRADASI MATERI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MATERI SARAF DALAM BUKU BELAJAR TASHRIF SISTEM 20 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA DAN BUKU SHOROF PRAKTIS METODE KRAPYAK KARYA DRS. MUHTAROM BUSYRO (ANALISIS GRADASI MATERI))
13420069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MATERI SARAF DALAM BUKU BELAJAR TASHRIF SISTEM 20 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA DAN BUKU SHOROF PRAKTIS METODE KRAPYAK KARYA DRS. MUHTAROM BUSYRO (ANALISIS GRADASI MATERI))
13420069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi buku teks dalam proses pembelajaran. Buku merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan pengajaran. Dengan buku teks mampu membantu pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud menganalisis dua buah buku yang sering digunakan yaitu buku Belajar Tashrif Sistem 20 Jam dan buku Shorof Praktis Metode Krapyak dari segi gradasi materi, kemudian mengkomparasikan keduanya. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan wawasan dan manfaat kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran saraf serta dapat memilih buku yang baik untuk pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku Belajar Tashrif Sistem 20 Jam Karya KH. Aceng Zakaria dan buku Shorof Praktis Metode Krapyak Karya Drs. Muhtarom Busyro. Sedangkan untuk menganalisa data peneliti menggunakan teknik komparasi dan teknik analisa isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku Belajar Tashrif Sistem 20 Jam dan Buku Shorof Praktis Metode Krapyak keduanya menggunakan gradasi gramatis jika dilihat dari segi kebahasaanya. Sedangkan dari segi jenisnya buku Belajar Tashrif Sistem 20 Jam menggunakan gradasi lurus sedangkan Buku Shorof Praktis Metode Krapyak menggunakan gradasi putar. Adapun dari segi kriterianya, pola penyusunan buku Belajar Tashrif Sistem 20 Jam dimulai dari yang umum ke yang khusus dan buku ShorofPraktis Metode Krapyak disusun oleh penulis dari yang sederhana ke yang rumit, dari yang ringkas ke yang panjang lebar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maksudin M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Gradasi Materi, Buku Belajar Tashrif Sistem 20 Jam, Buku Shorof Praktis Metode Krapyak.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Apr 2017 10:19
Last Modified: 13 Apr 2017 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25257

Actions (login required)

View Item View Item