PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH KELAS X IPA 1 DI MA NEGERI KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN LINGUISTIK DAN NON-LINGUISTIK)

RADITYA AMIRUL MU’MIN, NIM. 12420067 (2016) PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH KELAS X IPA 1 DI MA NEGERI KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN LINGUISTIK DAN NON-LINGUISTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH KELAS X IPA 1 DI MA NEGERI KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN LINGUISTIK DAN NON-LINGUISTIK))
12420067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH KELAS X IPA 1 DI MA NEGERI KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 (TINJAUAN LINGUISTIK DAN NON-LINGUISTIK))
12420067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA 1 tahun ajaran 2015/2016 yang meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui problematika siswa dalam pembelajaran maharah alqira’ah kelas X IPA 1. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yakni dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara kepada guru dan siswa terkait pembelajaran bahasa Arab dan problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran maharah al-qira’ah. Observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung. Dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang gambaran umum tempat penelitian. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif sehingga analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menguraikan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran maharah al-qira’ah di kelas X IPA 1 berjalan cukup lancar walaupun masih ditemui beberapa problem yang dihadapi oleh siswa. Adapun problematika yang dihadapi siswa terdiri dari dua aspek yaitu aspek linguistik dan non-linguistik. Problematika dari segi linguistik, sebagai berikut: (1) siswa kesulitan mempelajari susunan kalimat yang terdapat dalam teks; (2) siswa kesulitan dalam melafalkan kata berbahasa Arab ; (3) siswa kesulitan dalam membedakan tulisan dalam teks; (4) siswa kesulitan dalam mengartikan kata atau kalimat dalam teks. Sedangkan problematika dari segi non-linguistik, sebagai berikut: (1) motivasi siswa dalam pembelajaran maharah al-qira’ah masih kurang (aspek psikologi); (2) strategi yang digunakan oleh guru masih kurang (aspek guru); (3) kadar pengulangan membaca masih kurang (aspek siswa); (4) metode yang digunakan guru kurang menarik; (5) jam mata pelajaran bahasa Arab masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Maharah al-qira’ah, Tinjauan Linguistik dan Non-Linguistik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Apr 2017 11:14
Last Modified: 13 Apr 2017 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum