BACAAN AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN (STUDI ATAS, PRAKTIK PENGOBATAN BALIAN DI LINGKUNGAN SEGARAKATON, KEL. KARANGASEM. KEC. KARANGASEM, KAB. KARANGASEM BALI)

MUHAMAD NUR, NIM. 11530063 (2017) BACAAN AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN (STUDI ATAS, PRAKTIK PENGOBATAN BALIAN DI LINGKUNGAN SEGARAKATON, KEL. KARANGASEM. KEC. KARANGASEM, KAB. KARANGASEM BALI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BACAAN AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN (STUDI ATAS, PRAKTIK PENGOBATAN BALIAN DI LINGKUNGAN SEGARAKATON, KEL. KARANGASEM. KEC. KARANGASEM, KAB. KARANGASEM BALI))
11530063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BACAAN AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN (STUDI ATAS, PRAKTIK PENGOBATAN BALIAN DI LINGKUNGAN SEGARAKATON, KEL. KARANGASEM. KEC. KARANGASEM, KAB. KARANGASEM BALI))
11530063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini ingin menjelaskan kaitan tentang metode pengobatan Balian Lingkungan Segarakaton, Kel. Karangasem, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem Bali yang menggunakan ayat-ayat al-Qur’an sebagai sarana pengobatan. Penelitian ini terfokus pada pemaknaan Balian terhadap ayat-ayat al-Qur’an sebagai sumber penyembuhan kepada orang-orang sakit entah itu teruntuk orang yang berlainan keyakinan. Karena pengobatan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an di praktekan langsung oleh Balian Muslim ditengah-tengah masyarakat Hindu Bali. Pengobatan semacam Balian ini lahir di tengah masyarakat agama Hindu dengan berbagai kultur budaya Bali sehingga penamaan Balian sangat kental di Bali, karna budaya keyakinan terhadap sesuatu yang mistis dan supranatural sudah lama diyakini oleh kalangan masyarakat Bali, sehingga pijakan yang tepat ketika seseorang sakit akan mencari seseorang yang mampu memahami dan melakuan kekuatan mistis pula, akan tetapi penamaan itu tidak terhenti di kalangan agama Hindu saja, lebih lanjut Balian ini berevolusi ke berbagai agama sehingga agama apa saja yang berada di Bali yang memiliki kemampuan mengobati dengan cara mistis bisa disebut Balian. Seperti Balian-Balian yang ada di Lingkungan Segarakaton yang mayoritas beragama Islam. Untuk melihat lebih jauh metode pengobatan yang diterapkan Balian-Balian Lingkungan Segarakaton, penelitian ini perlu adanya data-data pengakuan Balian yang menggunakan ayatayat al-Qur’an sebagai data primer dan perlu adanya pijakan pemahaman terkait pengobatan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an. Dengan menggunakan tehnik pengumpulan data, penelitian ini melibatkan informan Balian sebagai landasan untuk mendapatkan data melalui pengamatan baik secara langsung, maupun melalui proses pengamatan terhadap aktivitas Balian dari segi beragamanya. Wawancara adalah tekhnik pengumpulan data yang akurat untuk menggali informasi-informasi terkait metode pengobatan Balian, dengan cara menggali secara langsung dari Balian atau menggali informasi dari masyarakat setempat. Metode pengobatan dilakukan Balian menggunkan ayat-ayat al-Qur’an sebagai cara penyembuhan seseorang tidak hanya itu, pengobatan Balian Muslim di Lingkungan Segarakaton kerap mengkombinasikan ayat al-Qur’an dan do’a dengan benda-benada atau obat-obatan herbal untuk media tambahan sebagai penguat tahap penyembuhan. Seperti pembacaan surat al-Fatihah dengan media tambahan air putih untuk penyakit ringan bahkan penyakit berat sekalipun, kemudian pembacaan Subhanallah Wabihamdihi, Subhanallah hil’āzhim dalam pembuatan ramuan boreh (obat herbal) dalam penumbukannya ayat tersebut dilafalkan setiap akan menumbuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, M.A,
Uncontrolled Keywords: Ayat Al-Quran, media pengobatan
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Apr 2017 11:45
Last Modified: 13 Apr 2017 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum